Selasa, 09 Oktober 2018 18:44 WITA

Manager Bank Curi Uang Klien Kaya untuk Orang Miskin

Editor: Suriawati
Manager Bank Curi Uang Klien Kaya untuk Orang Miskin
INT

RAKYATKU.COM - Gilberto Baschiera, seorang manajer sebuah bank di Italia telah dijuluki 'Robin Hood Banker' karena mengambil uang dari rekening orang kaya untuk membantu orang miskin.

Semuanya dimulai pada tahun 2009, pada puncak krisis keuangan global. Saat itu kriteria persetujuan pengajuan kredit berubah.

Suatu hari, seorang pria lokal datang ke kantor Gilberto Baschiera untuk meminta pinjaman kecil, tapi pria itu tidak memenuhi syarat menurut kriteria baru.

Baschiera merasa kasihan padanya, jadi dia ingin membantu pria itu. Baschiera mengambil sejumlah uang dari rekening klien kaya, dan menambahkannya ke rekening orang miskin itu, sehingga dia bisa memenuhi syarat.

Tapi ini baru permulaan karier Gilberto Baschiera sebagai Robin Hood modern di dunia perbankan.

Tidak butuh waktu lama, berita tentang kedermawanan sang manajer bank menyebar di Forni, daerah di mana dia bekerja.

Akhirnya penduduk setempat lainnya mulai datang kepadanya untuk meminta bantuan yang sama. Dia pun dengan senang membantu mereka.

Tapi, Baschiera mengatakan kepada mereka semua bahwa mereka harus membayar uang yang dikirim ke rekeningnya dalam waktu cepat, sehingga dia bisa menutupi jejaknya. 
Para klien setuju dengan itu, tapi pada akhirnya tidak semuanya membayar utang mereka.

Hal itu membuat tindakan Baschiera diekspos. Setelah tujuh tahun, pekerjaannya sebagai 'Robin Hood Banker' telah terungkap dan dia dijatuhi hukuman dua tahun penjara atas kejahatannya.

Beruntung, dia tertolong dengan fakta bahwa ia tidak mengambil satu sen pun dari uang klien kaya untuk dirinya sendiri. Selain itu, ini adalah pelanggaran pertamanya, jadi dia mendapatkan keringanan.

Akhirnya Gilberto Baschiera hanya menerima hukuman percobaan, dan tidak akan menjalani hukuman penjara yang sebenarnya.

Namun, ceritanya tidak memiliki akhir yang bahagia. Menurut pengacaranya, Baschiera kehilangan pekerjaan dan rumahnya, yang disita oleh negara.

"Dia pikir dia tidak akan melakukannya lagi," kata pengacaranya pada BBC. “Dia yakin dia bisa membantu orang. Tapi sekarang dia kehilangan pekerjaan dan rumahnya sendiri."

Dalam sebuah wawancara dengan surat kabar Italia La Repubblica, Robin Hood Banker mengatakan bahwa jika dia dapat kembali ke masa lalu, dia mungkin tidak akan melakukan hal yang sama, karena harga yang dia bayar untuk itu "terlalu tinggi".

Tags