Senin, 08 Oktober 2018 23:40 WITA

KPU Fasilitasi APK Parpol, Anggarannya Rp200 Juta Lebih

Penulis: Rizal
Editor: Aswad Syam
KPU Fasilitasi APK Parpol, Anggarannya Rp200 Juta Lebih
Komisioner KPU Sulsel, Faisal Amir

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan, akan memfasilitasi alat peraga kampanye (APK) setiap partai politik peserta Pemilu 2019. 

APK yang akan difasilitasi oleh KPU, berupa baliho dan spanduk. Saat ini, KPU masih menunggu revisi desain disetor oleh parpol.

"Semua sudah masukkan desain, cuma masih ada beberapa yang masih harus direvisi. Kalau persoalan cetaknya itu urusan sekretariat. Jadi kalau sudah disetujui desainnya, tidak melanggar PKPU langsung dicetakkan. Kemudian untuk pemasangannya diserahkan oleh parpol di tempat yang diizinkan," tutur Komisioner KPU Sulsel, Faisal Amir, Senin (8/10/2018).

Menurut Faisal, setiap parpol mendapatkan jatah 10 baliho dan 16 spanduk untuk tiap kabupaten/kota. 

"Parpol boleh mencetak sampai 5 lembar baliho per desa/kelurahan di kabupaten/kota. Sementara, untuk spanduk batasannya 10 lembar per kabupaten/kota," jelas mantan Ketua KPU Takalar ini.

Terpisah, Kepala Sub Bagian Umum dan Logistik KPU Sulsel, Anwar M Tahir mengatakan, pihak KPU Sulsel telah menyiapkan anggaran APK ini dari dana DIPA pusat. Nilainya mencapai Rp200 juta lebih untuk 16 parpol.

"Kita masih menunggu desainnya dari parpol, setelah itu nanti dicetakkan dulu satu untuk persetujuan dari parpol. Anggaran yang disiapkan Rp200 juta lebih. Sebenarnya, harga perkiraan sementaranya kurang dari Rp200 juta, makanya tidak ditender, hanya penunjukan langsung. Itu dicetak di Makassar," tutupnya.