Minggu, 07 Oktober 2018 18:36 WITA

Jalaluddin Mulbar Semasa Hidup, Pernah Uji Skripsi Mahasiswa di Belakang Pelaminan

Penulis: Himawan
Editor: Nur Hidayat Said
Jalaluddin Mulbar Semasa Hidup, Pernah Uji Skripsi Mahasiswa di Belakang Pelaminan
Jalaluddin Mulbar bersama istrinya, Nurdiana. Keduanya menjadi korban gempa dan tsunamu di Palu, Sulawesi Tengah.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Mantan Kabag Humas Universitas Negeri Makassar (UNM), Jalaluddin Mulbar, turut menjadi korban gempa bumi dan tsunami di Kota Palu, Sulawesi Tengah, 28 September lalu.

Kepergian sosok Jalaluddin menyisakan duka mendalam bagi seluruh civitas akademika UNM. Semasa hidupnya, Jalaluddin dikenal sebagai sosok yang humoris dan energik. 

Ia kerap mencandai mahasiswa baik sewaktu mengajar sebagai dosen atau sekadar berinteraksi saat dirinya menjabat sebagai Kabag Humas.

Beberapa alumni UNM yang pernah diajar Jalaluddin terus mengenang kebaikannya. "Waktu saya masih di lembaga pers mahasiswa UNM, saya selalu bertemu karena dia juga humas. Dia sangat terbuka, mudah untuk akrab," ujar Asri, salah satu alumnus UNM.

Banjir ucapan duka pun meyelimuti beranda media sosial Facebook Jalaluddin. Semasa hidup, ia juga dikenal sebagian besar masyarakat Makassar karena ikut mengisi salah satu program televisi di TVRI.

Novita Maulidya, putri dari Jalaluddin mengungkapkan ayahnya itu pandai dalam berbagai hal. Tidak hanya cerdas dalam angka-angka eksak, juga menyukai seni terutama teater dan puisi.

loading...

"Sewaktu masih muda, beliau pernah beberapa kali membawakan puisi di pentas-pentas. Itu juga buat saya heran sekaligus takjub karena jiwa keseniannya ini yanh membuat dia pandai berbicara di depan umum," kata Novita saat ditemui di kediamannya. 

Salah satu momen Jaluluddin bagi Novita yang tak akan pernah ia lupakan adalah kegemaran ayahnya bercanda dengan mahasiswa. Bahkan, Jalaluddin pernah menguji skripsi salah satu mahasiswanya di belakang pelaminan acara pernikahan. 

"Waktu itu ada mahasiswa yang ujian skripsi tapi bapakku waktu itu ada di acara nikah jadi dia ujiankan mahasiswanya di belakang tenda pelaminan," kenang Novi.

Jalaluddin meninggal dunia bersama istrinya, Nurdiana, saat berada di Hotel Roa-Roa untuk menghadiri pernikahan keponakannya.

Loading...
Loading...