Minggu, 07 Oktober 2018 09:00 WITA

NATO Bakal Gelar Latihan Besar untuk Menakuti Rusia

Editor: Suriawati
NATO Bakal Gelar Latihan Besar untuk Menakuti Rusia
Foto via Abc News

RAKYATKU.COM - Pasukan NATO sedang mempersiapkan latihan besar-besaran, untuk mengirim pesan ke satu negara yaitu Rusia.

Latihan Trident Juncture akan berlengsung di Norwegia dan laut sekitarnya akhir bulan ini (25 Oktober - 7 November) dan melibatkan 45.000 pasukan dari 29 negara NATO, serta mitra Swedia dan Norwegia.

Latihan ini akan melibatkan sekitar 150 pesawat, lebih dari 60 kapal, dan 10.000 kendaraan, dan bertujuan untuk menunjukkan bagaimana NATO dapat menanggapi invasi musuh sekutu NATO Eropa.

"[Trident Juncture] akan memiliki efek jera pada siapa saja yang mungkin ingin menyeberangi perbatasan itu, tapi satu negara khususnya," kata James Foggo, laksamana AS teratas di Eropa dan komandan Pasukan Gabungan Komando Sekutu Napoli, dikutip dari Abc News.

Foggo mengatakan bahwa NATO sebenarnya telah mengundang Rusia untuk ikut serta, tapi negara itu belum mengiyakan.

"Mereka tertarik untuk datang dan melihat apa yang kami lakukan. Dan mereka akan belajar banyak hal. Tapi tahu lah, saya ingin mereka ada di sana sehingga mereka dapat melihat seberapa baik kami bekerja bersama," katanya.

Foggo juga menekankan bahwa Rusia tidak lagi memiliki kemampuan angkatan laut yang kuat seperti yang dimilikinya selama Perang Dingin. Dia juga meremehkan kecanggihan armada surface-nya.

Namun dia memperingatkan tentang kemajuan Rusia dalam peperangan kapal selam.

"Rusia tidak setinggi 10 kaki, tapi mereka memiliki kemampuan yang membuat saya tetap waspada, khawatir," kata Foggo. "Salah satunya ada di domain bawah laut."

Laksamana mengatakan kepada wartawan bahwa Rusia memiliki enam kapal selam kelas hibridayang beroperasi di Laut Hitam dan Mediterania timur yang dipersenjatai dengan rudal jelajah Kalibr yang mampu menyerang setiap ibukota Eropa.

"Itu mengkhawatirkan saya, dan ini menjadi perhatian bagi mitra dan teman-teman NATO saya," kata Foggo.

"Jadi kami harus tahu di mana mereka setiap saat. Apakah saya pikir mereka akan melakukan sesuatu seperti itu? Tidak, saya pikir mereka bodoh jika melakukan sesuatu seperti itu."

"Tapi, bagaimanapun, kami harus memiliki kesadaran situasi itu. Jadi penting bagi kami untuk memiliki kekuatan kapal selam yang lebih baik, dan saya percaya bahwa kami punya."

Tags