Jumat, 05 Oktober 2018 23:15 WITA

Damkar Makassar Oprasikan Peyulingan Air Bersih Asal Kanada, Bagi Pengungsi Bencana Palu

Editor: Trio Rimbawan
Damkar Makassar Oprasikan Peyulingan Air Bersih Asal Kanada, Bagi Pengungsi Bencana Palu
foto: Petugas Damkar Makassar mempersiapkan alat penyulingan air bersih asal kanada “Global Medic", jumat, 5/10).

RAKYATKU.COM, MAKASSAR--Kanada melalui korporasinya yang bergerak di bidang sanitasi air “Global Medic” memberikan bantuan alat penyulingan air bersih untuk digunakan di lokasi pengungsian bencana gempa bumi Palu di Asrama Haji, Sudiang, Makassar.

Alat penyulingan air tersebut kini mulai dioperasikan oleh Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Makassar, Jumat (05/10/2018).

Kepala Seksi Perlindungan dan Pelayanan Personel, Nirwan mengatakan, alat penyulingan tersebut bernama Aqua Response 3 (AR 3). Sekali beroperasi dapat menghasilkan 600 liter air per jamnya.

“Tadi itu mulai diujicobakan, dan dioperasikan langsung Pak Anugrah selaku Danton. Kapasitasnya 10 liter/menit, 600 liter/jam, dan bisa di operasikan selama 24 jam dengan menggunakan AKI motor atau mobil,” ujarnya.

Atas bantuan tersebut, pelayanan air minum siap saji tersebut telah memenuhi kebutuhan para pengungsi di Asrama Haji, Sudiang. Dan bahkan alat penyulingan itu telah dihibahkan ke Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar.

“Mereka bawa empat alat, satu untuk di Asrama Haji. Satu dia kirim. Belum bisa masuk ke Palu karena tidak ada izin, jadi dua alat disimpan dulu. Yang di Asrama Haji sudah dihibahkan untuk Pemkot Makassar agar bisa digunakan nantinya,” aku Nirwan.

“Mereka (kanada) juga telah menyiapkan alatnya untuk pemetaan pencarian korban Palu. Alat pencarian korban itu menggunakan drone,” sambungnya.

Lebih lanjut, Nirwan menjelaskan, alat tersebut nantinya ketika telah mendapat izin bisa langsung digunakan di lokasi pengungsian di Kota Palu dengan menggunakan air sungai dan sumber air lainnya.

“Kalau di Asrama Haji kita gunakan air PAM yang disambungkan dengan selang. Jadi bisa langsung diminum,” kuncinya.