Jumat, 05 Oktober 2018 19:07 WITA

Pembangunan Rusunawa di Makassar Terkendala Lahan

Penulis: Wahyu Susanto S
Editor: Mulyadi Abdillah
Pembangunan Rusunawa di Makassar Terkendala Lahan
Fathur Rahim

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) Kota Makassar masih dirundung masalah dalam pembangunan Rusunawa. Program pembangunan Rusunawa pada 2019 mendatang itu, sampai saat ini masalah lahan menjadi faktor utama belum adanya penetapan lokasi pembangunan.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) Fathur Rahim menjelaskan, pihaknya akan tetap fokus dalam rencana pembangunan rusun dengan mengarah terhadap kesediaan lahan. 

"Ketersediaan lahan itu kita tetap upayakan dimana tersedia," ujarnya dalam diskusi penyelenggaraan rumah susun berasaskan kesejahteraan di Rusunawa Daya, Kecamatan Biringkanaya, Jumat (5/10/2018).

Ia menjelaskan, Pemerintah Kota Makassar melalui DPKP Makassar hanya menyediakan lahan saja dalam pembangunan Rusunawa. Selain itu, perizinan pembangunan juga menjadi tanggung jawab DPKP Makassar.

"Jadi kementrian dari penyediaan perumahan yang menyediakan Rusunawa. Kita sebagai  pemerintah daerah, hanya menyiapkan lahan, perizinan dan lain sebagainya dan ini berlaku di seluruh Indonesia," papar Fathur Rahim.

Iapun berharap, jika program tersebut telah terealisasi, akan rencananya bakal tersusun dilakukan sosialisasi kepada masyarakat. Hal ini dilakukan agar masyarakat semakin banyak berminat untuk tinggal di rumahnya susun.

"Semakin tahun pertumbuhan masyarakat semakin meningkat. Tapi tidak dengan penyediaan lahan. Maka dari itu, setelah kita menyediakan ini (Rusunawa) bagaimana kita mensejahterakan masyarakat," pungkasnya.