Sabtu, 29 September 2018 23:57 WITA

Pencarian Korban Gempa Palu Donggala, Polri Kirim Anjing Pelacak

Penulis: Syukur
Editor: Adil Patawai Anar
Pencarian Korban Gempa Palu Donggala, Polri Kirim Anjing Pelacak

RAKYATKU.COM - Pencarian korban gempa dan tsunami di Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng) terus berlanjut. Hingga saat ini belum ada total resmi berapa jumlah korban. Namun dari data sementara Basarnas, sebanyak 348 orang disebutkan meninggal dunia dalam musibah maut tersebut.

Wakapolri Komjen Ari Dono Sukmanto mengungkapkan, untuk jajaran Polri pihaknya memaksimalkan bantuan untuk membantu proses pencarian dan evakuasi korban.

"Sebanyak 1.400 personel diterjunkan menyisir daerah dampak gempa dan tsunami. Kemudian juga ada kita gunakan K9 untuk bantu SAR untuk mencari ini semua korban-korban, kemudian tim identifikasi  DVI, kemudian ada juga dokter," kata Ari Dono di Ruang Galaktika, Landasan Udara (Lanud) Sultan Hasanuddin, Makassar, Sabtu (29/9/2018) malam. 

Ribuan personel bantuan yang dikerahkan tersebut tergabung dalam 14 Satuan Setingkat Kompi (SSK). Bantuan tersebut diutus langsung dari sejumlah Polda-polda di luar daerah yang berdampak gempa dan tsunami seperti Gorontalo dan Sulawesi Barat (Sulbar). 

loading...

"Gelombang pertama yang sudah sampai disana sudah mulai bekerja. Secara bertahap akan ada lagi menyusul dari Polda-polda lain untuk langsung bekerja disana," tambahnya.

Ditambahkan, personel gabungan dari Polda lainnya akan tiba di lokasi terdampak khusus seperti Donggala, Palu dan Sigi. Personel dan perangkat tambahan lainnya diperkirakan bisa saja bertambah sesuai dengan kebutuhan lapangan. Polri pun terus akan berkoordinasi dengan pihak terkait.

"Untuk sementara kita akan terus koordinasikan ini dengan tim-tim yang di lapangan karena komunikasi memang agak sedikit terganggu, kita upayakan bisa maksimal," pungkasnya.

Loading...
Loading...