Sabtu, 29 September 2018 23:18 WITA

Berikut Penyebab Lumpuhnya Komunikasi di Palu dan Donggala

Penulis: Syukur
Editor: Adil Patawai Anar
Berikut Penyebab Lumpuhnya Komunikasi di Palu dan Donggala
Rudiantara.

RAKYATKU.COM - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan, terganggunya jaringan komunikasi pasca gempa dan tsunami Palu dan Donggala dikarenakan adanya gangguan kelistrikan.

"Akses komunikasi belum sepenuhnya. Ada yang bisa nyala ada yang tidak.  Kalau misalnya dari 7 gardu induk listrik dua sudah beroperasi. Biasanya dua atau empat jam selularnya bts nya beroperasi kembali karena kehilangan satu listrik," ungkap Rudiantara di Galaktika Lanud Hasanuddin, Sabtu (29/9/2018) malam.

Rudiantara juga menyebut telah mengirim telepon satelit ke Palu. Telepon satelit itu untuk membantu komunikasi yang belum normal.

"Telepon satelit telah sampai di sana dan telah dipakai itu untuk tanggap darurat," tambahnya Rudiantara yang menggunakan baju kemeja putih.

Rudiantara juga mengatakan langsung balik ke Jakarta. Namun ia memastikan Presiden Joko Widodo mendapatkan info perkembangan di Palu.

loading...

"Saya kembali ke jakarta karena yang nanti aktif adalah BNPB setempat dan gubernur. Bapak presiden memantau dari waktu ke waktu tadi malam setelah memerintahkan menkopolhukam untuk melakukan rapat. Mendapat laporan dari waktu ke waktu termasuk laporan dari palu beberapa kali dilaporkan oleh menkopolhukam," tambahnya.

Rudiantara mengatakan Presiden Jokowi sudah menyampaikan prihatin dan bela sungkawa. Jokowi berharap Palu dan Gonggala bisa cepat pulih kembali.

"Tapi penanganan utama adalah korban meninggal karena harus dimakamkan dan diprofaling korban yang terluka segera ditangani rumah sakit," pungkasnya.

Loading...
Loading...