Jumat, 28 September 2018 19:55 WITA

KPU Palopo Akhirnya Terima LADK Partai Golkar dan Hanura

Penulis: Hamka Tadda
Editor: Mulyadi Abdillah
KPU Palopo Akhirnya Terima LADK Partai Golkar dan Hanura
Armin Mustamin Toputiri (kanan) saat menyetor LADK Partai Golkar ke KPU Palopo.

RAKYATKU.COM, PALOPO - Para caleg Partai Golkar dan Hanura akhirnya bernafas lega. Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) dua parpol itu diterima oleh KPU Palopo, Jumat (28/9/2018). 

Keputusan tersebut dilakukan usai Bawaslu Kota Palopo memediasi kedua parpol yang telat memasukkan LADK-nya di KPU Palopo.

Ketua Bawaslu Palopo, Asbudi Dwisaputra, mengatakan, hasil mediasi Bawaslu Kota Palopo kepada Partai Golkar dan Hanura dengan KPU Palopo, menyepakati LADK kedua parpol itu diterima kembali.

Mediasi antara Partai Golkar dan KPU Kota Palopo, pukul 10.30 wita. Sementara mediasi antara Partai Hanura dan KPU Kota Palopo dilakukan pukul 11.10 wita.

"Hasil mediasi, mencapai kesepakatan, KPU menerima kembali laporan LADK dari Partai Golkar dan Hanura,” beber Asbudi.

Loading...

Sementara hasil kesepakatan kedua, membatalkan berita acara KPU Kota Palopo tentang hasil penerimaan LADK.

Diberitakan sebelumnya, Golkar dan Hanura telat menyetor LADK hingga batas akhir penyetoran Minggu (23/9/2018) lalu, tepat pukul 18.00 Wita. 

Sekadar diketahui, sesuai peraturan yang ada, partai yang melaporkan LADK-nya, lewat dari waktu yang sudah ditetapkan akan, didiskualifikasi. Aturannya ada pada UU nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu pasal 338 ayat 1 untuk caleg dari partai politik, dan ayat 2 untuk caleg Dewan Perwakilan Daerah (DPD). 

Pasal 338 ayat 1 menyebutkan, jika pengurus Parpol peserta pemilu tingkat pusat, tingkat provinsi, dan tingkat kabupaten/kota tidak menyampaikan LADK di KPU sampai batas waktu sebagaimana dimaksud dalam pasal 335 ayat 2; partai politik yang bersangkutan dikenai sanksi berupa pembatalan sebagai peserta pemilu pada wilayah yang bersangkutan. 

Loading...
Loading...