Kamis, 27 September 2018 21:39 WITA

Pelaku Begal di Jeneponto Pincang Ditembak Polisi

Penulis: Zul Lallo
Editor: Fathul Khair Akmal
Pelaku Begal di Jeneponto Pincang Ditembak Polisi

RAKYATKU.COM, JENEPONTO - Polres Jeneponto merilis kasus tindak pidana pencurian dengan kekerasan (begal), dengan tersangka IR alias AD (23), Kamis (27/8/2018).

Pelaku ditangkap oleh tim Pegasus Reskrim Polres Jeneponto di lapangan Passamaturukan, Kelurahan Empoang, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto pada Rabu (26/9) kemarin. 

Dalam aksinya, pelaku berpura-pura menjadi seorang pencari rumput di pinggir jalan, sambil mengamati "mangsa" yang akan menjadi korbannya. Ia lalu membuntuti, pelaku menghentikan dan mengancam korban dengan parang agar menyerahkan Handpone. 

Kapolres Jeneponto, AKBP Hery Susanto mengatakan, Peristiwa begal atau kejahatan jalanan itu, terjadi pada 25 Agustus 2018 lalu dan sebelum juga pernah dilakukan di tempat lain di wilayah hukum Polsek Tamalatea.

"Barang bukti yang ditemukan, satu unit sepeda motor Suzuki warna hitam kombinasi merah, yang digunakan pelaku saat beraksi. Sebilah parang dan HP Samsung Galaksi S7 milik korban Hardianti (25)," kata Hery. 

Selain itu, Hery menegaskan pelaku begal ini sangat berbahaya bagi masyarakat. Karena mengancam korbannya menggunakan senjata tajam.

"Kalau tidak bisa dibina yang binasakan saja, kejahatan seperti ini sangat berbahaya bagi masyarakat. Pelaku ini memang meresahkan, hanya saja belum masuk kategori residivis karena belum pernah ditahan," tambahnya. 

AD, mengakui tindak kejehatan yang dilakukan itu dan sudah melakukan di dua tempat wilayah Kecamatan Tamalatea dan Batang.

Pelaku melakukan dengan aksi serupa di Kecamatan Tamalatea dengan korbannya perempuan dengan cara menarik tas korban di atas motor. Sementara di tempat lainnya, ia mengancam korban dengan parang dan mengambil hp korbannya.

"Saya dua kali melakukan, di Tamalatea korbannya perempuan lagi dan di Pammessoran," aku AD.

Pelaku telah ditahan di Polsek Batang dengan luka tembak di kaki akibat berusaha melarikan diri, termasuk dengan barang bukti sudah diamankan.

Tags