Kamis, 27 September 2018 16:04 WITA

Produksi Kelapa Melimpah, Warga Kepulauan Pangkep Siap Hasilkan Gula Merah

Penulis: Saiful Mujib
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Produksi Kelapa Melimpah, Warga Kepulauan Pangkep Siap Hasilkan Gula Merah

RAKYATKU.COM, PANGKEP - Masyarakat Kecamatan Liukang Tangaya, Kabupaten Pangkep, siap menghasilkan puluhan kiloram gula merah per hari. 

Sebagaimana disampaikan Camat Liukang Tangaya, Sulaeman bahwa produksi gula merah ini nantinya diharapkan dapat menunjang ekonomi masyarakat kepulauan dan mendorong ekonomi pedesaan. 

Sulaeman mengaku telah membawa petani kopra untuk melakukan studi banding di daerah Bulukumba, khususnya untuk melihat pengolahan buah kelapa dijadikan gula merah. 

"Biasanya masyarakat kita hanya menjual kelapa gelondongan atau diolah menjadi minyak dan koprah. Namun setelah melihat produksi gula merah di Bulukumba, seluruh masyarakat antusias untuk mengembangkan gula merah," ujar Sulaeman, Kamis (27/9/2018).

Loading...

Dikatakan Sulaeman, potensi produksi gula merah di wilayahnya sangat menjanjikan, apalagi dengan banyaknya pohon kelapa. Ia berharap produksi gula merah ini nantinya dapat merubah perekonomian masyarakat.

"Di Tangaya ada ratusan ribu pohon kelapa. Apalagi tidak susah memasarkan gula merah. Dan Saya sudah melapor ke Bupati, dan dia minta seluruh kepala desa di Tangaya untuk di bawa kesana," ungkap Sulaeman.
 

Loading...
Loading...