Kamis, 27 September 2018 13:52 WITA

Trump Tolak Bertemu PM Kanada di Sela-sela Sidang Umum PBB

Editor: Suriawati
Trump Tolak Bertemu PM Kanada di Sela-sela Sidang Umum PBB
Presiden AS Donald Trump dan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau

RAKYATKU.COM - Presiden AS Donald Trump menolak kesempatan untuk bertemu secara pribadi dengan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB.

Selama konferensi pers di New York, Reporter Fox Business Network bertanya kepada Trump tentang rumor itu, dan dia membernarkannya.

"Saya mengatakan kepadanya, lupakan saja,'" jawab Trump.

Namun, juru bicara Trudeau, Cameron Ahmad membantah pernyataan Trump. Dia mengatakan bahwa pihak Kanada tidak pernah meminta untuk bertemu dengan Trump. "Tidak ada yang ditolak, karena tidak ada permintaan pertemuan," kata Ahmad.

Hubungan AS dan Kanada tidak harmonis, karena dipicu oleh Kesepakatan Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA), antara AS, Kanada dan Meksiko. Trump melihat itu sebagai penyebab berkurangnya lapangan pekerjaan dan menurunnya sektor industri di AS. 

Menurut laporan, Menteri Luar Negeri Kanada, Chrystia Freeland, telah berada di Washington DC selama beberapa waktu untuk merundingkan NAFTA.

Tapi Trump mengatakan bahwa dia tidak memiliki hubungan baik dengan Freeland dan bahkan mengakui bahwa dia tidak menyukai negosiator utama Kanda itu.