Selasa, 25 September 2018 19:44 WITA

Aneh! Balita di Vietnam Lancar Berbahasa Inggris, Bukan Bahasa Ibu

Editor: Suriawati
Aneh! Balita di Vietnam Lancar Berbahasa Inggris, Bukan Bahasa Ibu
Le Nguyen Bao Trung

RAKYATKU.COM - Bahasa ibu adalah bahasa pertama yang dipelajari seorang anak. Namun seorang bocah laki-laki berusia 5 tahun mengalami kasus aneh. Le Nguyen Bao Trung, alias 'Bin', justru lancar berbahasa Inggris, tapi tidak bisa berbahasa Vietnam, bahasa asli ibunya.

Bin dilaporkan mengucapkan kata pertamanya dalam bahasa Inggris, meskipun dia tidak pernah bersentuhan dengan bahasa tersebut.

Hari ini, Bin mampu berbicara dan membaca bahasa Inggris dengan sempurna. Tapi dia sudah mulai belajar bahasa Vietnam sehingga ia dapat berkomunikasi dengan ibunya.

Bin lahir di desa Dong Van, di provinsi Ha Tinh, Vietnam. Dia mulai mengucapkan kata pertamanya ketika usianya hampir dua tahun.

Ibunya, Le Thi Lien, ingat bahwa anak itu terus menunjuk pada kalender dan mengatakan Eleven. Karena Lien tidak mengerti bahasa Inggris, dia mengira bahwa anaknya hanya menggerutu.

Tapi Bin terus mengucapkan kata itu berulang-ulang, sehingga Lien bertanya pada putrinya yang lebih tua tentang hal itu. Dia pun diberitahu bahwa Eleven berarti 11 dalam bahasa Inggris. 
Dia kembali ke kalender dan melihat bahwa anaknya  sebenarnya menunjuk tanggal 11. Namun itu hanyalah permulaan dari kisah yang tidak biasa ini.

Le Thi Lien baru-baru ini memberi tahu wartawan Vietnam bahwa dia sangat kagum dengan kemampuan Bin untuk mengenali dan mengucapkan 11 dalam bahasa Inggris.

Dia mengatakan bahwa dia mengambil kalender dan menunjukkan angka-angka lain kepada Bin untuk melihat apakah dia mengenalinya.

Yang mengejutkan, balita itu mengenali dan menyebutkan semua angka dari 1 hingga 30 dalam bahasa Inggris dengan sempurna.

Sejak saat itu, Lien membelikannya alfabet Inggris, serta buku mewarnai dan buku latihan anak-anak dalam bahasa Inggris.

Hari ini, pada usia 5 tahun, Bin dapat membaca dalam bahasa Inggris, dan dapat menyebutkan istilah bahasa Inggris.

Dalam wawancaranya dengan media Vietnam, ibu Bin hampir tidak bisa menahan air matanya ketika ditanya bagaimana dia berkomunikasi dengan putranya.

Dia tidak bisa berbicara bahasa Inggris sementara anaknya tidak berbicara bahasa Vietnam, jadi pada awalnya mereka hanya menggunakan bahasa isyarat.

Tapi pada akhirnya dia juga mulai belajar bahasa Inggris. Setiap malam, meskipun pulang dari kerja, Lien belajar dasar bahasa Inggris di internet.

Itu butuh waktu beberapa lama, tapi akhirnya dia bisa berkomunikasi dengan buah hatinya.

Tantangan berikutnya yang dihadapi Bin adalah belajar di taman kanak-kanak. Anak itu mengeluh bahwa gurunya tidak bisa berbicara dengan benar selama pelajaran bahasa Inggris. 
Akhirnya ibunya berbicara dengan para guru di Pusat Bahasa Asing. Setelah menguji Bin, mereka mengatakan bahwa keterampilan anak itu sudah di level advance, dan dia perlu belajar di sekolah bahasa Inggris di kota besar.

Jadi Lien membawanya ke sekolah di Ho Chi Minh City. Di sana, seorang penutur bahasa Inggris asli memberi bocah itu kuesioner berisi 49 pertanyaan, dan dia menjawab setiap pertanyaan dengan benar. Guru bahasa Inggris memuji bocah itu dan menerimanya di sekolah itu.

Untungnya, Bin juga mulai belajar bahasa Vietnam awal tahun ini, jadi dia dan ibunya sekarang dapat berkomunikasi sedikit lebih baik.

Namun ibunya berharap dapat membantu Bin memanfaatkan kemampuan luar biasanya itu

Sumber: Oddity Central