Selasa, 25 September 2018 16:40 WITA

148 Caleg DPRD Barru Mendaftar Pakai Ijazah SMA

Penulis: Achmad Afandy
Editor: Mulyadi Abdillah
148 Caleg DPRD Barru Mendaftar Pakai Ijazah SMA
Komisioner Divisi Teknis dan Logistik KPU Barru, Masdar.

RAKYATKU.COM, BARRU - Total caleg DPRD Barru yang bertarung di Pemilu 2019 sebanyak 292 orang. Dari jumlah itu, 148 orang diantaranya mendaftar dengan menggunakan ijazah SMA.

Komisioner Divisi Teknis dan Logistik KPU Barru, Masdar mengatakan, 148 caleg yang mendaftar pakai ijazah SMA tersebut tersebar pada 14 Parpol. Jika dipersentase jumlahnya di atas 50 persen.

"Di Barru ini kan kita ada 14 parpol yang jadi peserta Pileg 2019. Nah dari 14 parpol itu rata-rata punya caleg yang mendaftar pakai Ijazah SMA. Masing-masing partai ada 10 hingga 11 orang Caleg," kata Masdar, Selasa (25/9/2018).

Menurutnya, banyaknya jumlah caleg yang mendaftar pakai ijazah SMA bukan berarti figurnya adalah tamatan SMA.

"Melainkan ada caleg yang lulusan S1 justru mendaftar pakai ijazah SMA. Alasannya karena yang bersangkutan tidak mampu memperlihatkan tanda bukti lulusnya (ijazah) saat mendaftar di KPU Barru," bebernya.

"Ada juga yang tidak sempat urus legalisir sehingga mereka mendaftar pakai Ijazah SMA," sambungnya.

Selain Caleg berijazah SMA, lanjut Masdar, ijazah lain yang digunakan pafa sewaktu mendaftar yakni diploma empat orang. "Sisanya S1, serta sebagian juga berijazah S2 dan juga ada dua orang S3," ungkapnya.