Selasa, 25 September 2018 14:49 WITA

Dikalungi Serban, Wagub Sulsel Terima Rombongan Terakhir Jemaah Haji

Penulis: Fathul Khair
Editor: Abu Asyraf
Dikalungi Serban, Wagub Sulsel Terima Rombongan Terakhir Jemaah Haji
Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menerima rombongan terakhir jemaah haji debarkasi Makassar di Asrama Haji Sudiang, Selasa (25/9/2018).

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menerima rombongan terakhir jemaah haji debarkasi Makassar di Asrama Haji Sudiang, Selasa (25/9/2018).

Ikut mendampingi Sudirman, Kapolda Sulsel Irjen Pol Umar Septono dan Sekretaris PPIH Embarkasi Makassar Kaswad Sartono. Memasuki aula Asrama Haji Sudiang, Sudirman Sulaiman dan Umar Septono dikalungi serban.

Di awal sambutannya, Sudirman Sulaiman menyampaikan selamat datang kepada seluruh jemaah haji Kloter 35.

"Saya mewakili bapak gubernur yang tidak sempat hadir pada kesempatan hari ini. Kami mengucapkan selamat datang kembali. Mudah-mudahan jadi haji yang mabrur," kata Sudirman Sulaiman.

Sudirman berharap, sepulang haji, para jemaah bisa menjadi lebih baik. Baik dari segi ibadah maupun hubungan dengan sesama manusia.

"Mudah-mudahan ini menjadi momentum kita bisa hijrah. Momentum haji sudah melengkapi rukun Islam kita, maka setiap perilaku juga harus hijrah," tambah adik Menteri Pertanian, Amran Sulaiman ini.

Sementara itu, Kaswad dalam laporannya mengatakan, jumlah jemaah haji yang diberangkatkan dari Embarkasi Makassar sebanyak 15.861 orang. Jemaah haji yang pulang ke tanah air sebanyak 15.834 orang.

Jemaah yang wafat di Arab Saudi 21 orang. Sakit dan masih dirawat di Arab Saudi, sebanyak lima orang. Pulang lewat reguler satu orang.

"Alhamdulillah ibadah haji tahun ini berjalan lancar, sesuai dengan SOP. Sehingga hampir tidak ditemukan kendala yang berarti," ujar Kaswad.