Selasa, 25 September 2018 01:00 WITA

Menkopolhukam: Aparat Keamanan Harus Netral

Editor: Aswad Syam
Menkopolhukam: Aparat Keamanan Harus Netral
Wiranto

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam)  Wiranto, melakukan video conference dengan Forkopimda di seluruh daerah di Indonesia, Senin (24/9/2018). 

Dalam vicon tersebut, Menkopolhukam Wiranto memberikan arahan kepada seluruh Forkopimda, ia mengharapkan Forkopimda mampu menyukseskan Pemilu 2019. 

"Keamanan adalah syarat mutlak dalam kesuksesan pemilu. Oleh karena itu, aparat keamanan di daerah harus memahami tugasnya, kondisi wilayahnya. Netralitas ASN dan aparat keamanan adalah harus dilaksanakan," tegas Wiranto. 

Wiranto juga menegaskan, pemerintah bertanggung jawab terhadap keamanan dan ketertiban Pemilu 2019. Pihak KPU dan Bawaslu sebagai penyelenggara harus bertindak netral dalam pelaksanaan Pemilu 2019. 

"Pemerintah harus mencegah masalah, sebelum terjadi adalah lebih baik daripada sudah terjadi. Bawaslu harus mewaspada money politics dalam pemilu 2019. Masalah sara harus dicegah dalam kampanye pemilu. Aktivitas Medsos agar diwaspadai dan jangan sampai menjadi penyulut terjadinya kerusuhan," jelasnya. 

Ia menambahkan, kampanye serentak Pileg dan Pilpres tahun 2019, sangat membutuhkan perhatian serius dari aparat keamanan dan penyelenggara pemilu.

"Koordinasi antar instansi terkait pemilu 2019, lapor cepat setiap masalah di daerah ke pusat. Tugas kita adalah mengatasi masalah, bukan menjadi bagian dari masalah," tutupnya.