Senin, 24 September 2018 18:52 WITA

Nihil Kekerasan Anak, Desa Tapong Masuk Nominasi Desa Terbaik

Penulis: Suarto Syam
Editor: Andi Chaerul Fadli
Nihil Kekerasan Anak, Desa Tapong Masuk Nominasi Desa Terbaik

RAKYATKU.COM, ENREKANG - Bupati Enrekang Muslimin Bando menjagokan Desa Tapong di Kecamatan Maiwa untuk menjuarai lomba Peningkatan Peranan Perempuan Keluarga Menuju Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga (P2K3) 2018 tingkat nasional.

Pada lomba yang digelar Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia tersebut, Desa Tapong akan bersaing dengan ratusan desa unggulan se-Indonesia, dan penilaiannya akan dilakukan Oktober mendatang.

"Semoga Desa Tapong bisa menjadi Desa kebanggaan Enrekang. Dan berharap kedepan akan banyak menjadi contoh bagi desa lainnya untuk terus berbenah," ujar Muslimin Bando, Senin (24/9/2018).

Desa Tapong sendiri dipilih karena sejauh ini belum pernah terjadi kasus kekerasan anak dan perempuan di Desa tersebut.

Di tempat terpisah, Kadis Pemberdayaan Perlindungan Perempuan dan Anak (DP3A) Enrekang, Sawaliah menjelaskan, tak hanya soal ramah anak dan perempuan, Desa Tapong juga dipilih karena sejumlah pertimbangan lainnya.

"Dengan kearifan lokal, pertanian, dan wisata yang dimiliki desa itu, tentunya akan menjadi penilaian lebih oleh tim penilai dari kementerian. Selain itu, pertimbangan perkembangan ekonomi yang cukup maju di desa tersebut juga menjadi alasan kita," tutur Sawaliah.

Guna menunjang target tersebut, Sawaliah mengangaku bekerja sama dengan beberapa OPD lingkup Enrekang terus melakukan pembinaan kepada warga desa sampai penilaian dilakukan.