Senin, 24 September 2018 14:15 WITA

Fosil Hewan Tertua di Dunia Berusia 558 Juta Tahun Ditemukan di Rusia

Editor: Suriawati
Fosil Hewan Tertua di Dunia Berusia 558 Juta Tahun Ditemukan di Rusia
Foto: Australian National University

RAKYATKU.COM - Peneliti berhasil mengidentifikasi hewan tertua di dunia dari fosil yang ditemukan di Rusia. Mahkluk itu diyakini hidup 558 juta tahun lalu.

Para ilmuwan menyadari bahwa spesimen itu adalah hewan, karena fosilnya memiliki jejek kolesterol, sejenis lemak yang merupakan ciri khas kehidupan hewan.

"Makhluk itu sebenarnya menghasilkan kolesterol, yang merupakan ciri khas hewan. Ini memberitahu kita bahwa itu adalah nenek moyang kita yang paling awal," kata Profesor Jochen Brocks dari Australian National University, Canberra.

Hewan itu berbentuk oval, dengan tulang rusuk yang berjejer di sepanjang tubuhnya. Itu hidup selama periode Ediacaran, puluhan juta tahun sebelum dimulainya Letusan Kambrium.

Letusan Kambrium adalah masa ketika berbagai binatang berevolusi semakin cepat. Itu merupakan peristiwa yang membuat hewan kompleks dan organisme makroskopik lainnya, seperti moluska, cacing, arthropoda dan spons mulai mendominasi catatan fosil.

Fosil hewan itu digali oleh mahasiswa PhD, Ilya Bobrovskiy di daerah terpencil di pantai Laut Putih di Rusia. 

"Molekul lemak fosil yang kami temukan membuktikan bahwa hewan itu besar dan melimpah 558 juta tahun lalu," kata Profesor Brocks, yang merupakan ilmuwan Bumi.