Senin, 24 September 2018 00:22 WITA

KPU Sulsel Pastikan Semua Parpol Tingkat Provinsi Sudah Setor LADK

Penulis: Rizal
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
KPU Sulsel Pastikan Semua Parpol Tingkat Provinsi Sudah Setor LADK
Komisioner KPU Sulsel, Syarifuddin Jurdi.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Batas penyetoran Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) bagi kontestan Pemilu 2019 resmi berakhir Minggu (23/9/2018), tepat pukul 18.00 Wita.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan memastikan, 16 partai politik peserta Pemilu 2019 tingkat provinsi telah menyetor Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) calon legislatifnya sebelum batas akhir penyetoran.

"Semuanya sudah. Untuk tingkat provinsi aman," tutur Komisioner KPU Sulsel, Syarifuddin Jurdi, saat ditemui di Kantor KPU Sulsel, Jalan AP Pettarani Makassar, Minggu malam (23/9/2018).

Selain parpol, menurut Jurdi, 22 orang calon anggota DPD RI untuk Dapil Sulsel juga telah menyetor LADK-nya. Termasuk dua pasangan capres dan cawapres yang akan bertarung di Pilpres 2019 mendatang.

"Semua calon anggota DPD sudah (menyetor). Kalau capres dan cawapres itu disetor oleh timsesnya di tingkat provinsi," tutupnya.

Sekadar diketahui, khusus di Sulsel, terdapat tiga partai politik yang dikabarkan tidak menyetor LADK-nya hingga batas akhir penyetoran. Semuanya ditingkatan kabupaten/kota. Mereka adalah Golkar dan Hanura di Palopo serta PDIP di Bantaeng.

Dengan demikian, seluruh caleg partai Golkar dan Hanura di Palopo serta caleg PDIP di Bantaeng terancam didiskualifikasi dari keikutsertaannya di Pemilu 2019 mendatang.

Sekadar diketahui, aturan terkait LADK tersebut disebutkan di dalam Undang-Undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu pasal 338 ayat 1 untuk caleg dari partai politik, dan ayat 2 untuk caleg Dewan Perwakilan Daerah (DPD).