Minggu, 23 September 2018 09:31 WITA

Tidak Pakai Ma'ruf, Ini Akronim Baru Pasangan Jokowi di Pilpres 2019

Editor: Abu Asyraf
Tidak Pakai Ma'ruf, Ini Akronim Baru Pasangan Jokowi di Pilpres 2019
Deklarasi kampanye damai Pemilu 2019 dipusatkan di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Minggu (23/9/2018).

RAKYATKU.COM - Deklarasi kampanye damai Pemilu 2019 dipusatkan di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Minggu (23/9/2018). Momentum ini dimanfaatkan tim pemenangan untuk memperkenalkan parpol dan pasangan capres-cawapres andalan mereka.

Salah satu yang menarik adalah rombongan PDI Perjuangan. Dipimpin Sekjen PDIP Hasto Kristyanto, mereka berjalan dengan mengenakan pakaian berwarna merah. Warna kebesaran parpol berlambang kepala banteng moncong putih tersebut.

Dua di antaranya membawa poster bertuliskan, "Jokowi-Amin, Indonesia Maju, 01". Rupanya rombongan PDIP sekaligus memperkenalkan akronim baru pasangan yang diusung dan didukung sembilan partai politik tersebut. Selama ini, pasangan tersebut populer dengan akronim Jokowi-Ma'ruf. 

Prabowo-Sandi Kompak, Jokowi-Amin Beda Kostum

Deklarasi kampanye damai ini dihadiri kedua pasangan capres-cawapres. Jokowi tampak mengenakan pakaian adat Bali. Sementara cawapres Ma'ruf Amin tetap dengan ciri khasnya, mengenakan jas dan bersarung.

Pada karnaval, pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin menumpang mobil golf. Ma'ruf Amin tampak duduk sebagai penumpang di sebelah kanan Jokowi. Ma'ruf mengenakan kemeja putih dibalut jas dan bagian bawah mengenakan kain sarung. Dia juga mengenakan peci sebagai penutup kepala, dan kain sorban yang melingkar di pundak.

Di mobil itu juga ikut Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf yakni Erick Thohir. Saat keluar kawasan Monas, di Jalan Medan Merdeka Barat Jokowi-Ma'ruf turun dari mobil dan berjalan kaki.

Di belakang kendaraan Jokowi, diisi oleh barisan pendukung Jokowi-Ma'ruf Amin dari berbagai kelompok. Mereka membawa atribut dukungan untuk pasangan capres dan cawapres nomor urut 1 seperti spanduk, poster dan bendera.

Barulah di belakang barisan itu terdapat kendaraan mobil golf untuk pasangan capres dan cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. 

Prabowo Subianto dan Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menggunakan pakaian adat daerah. Sejumlah ketua umum partai seperti Ketum PPP Romahurmuziy, Ketum PBB Yusril Ihza Mahendra, Ketum PAN Zulkifli Hasan, hingga Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto juga ikut hadir dalam acara tersebut.

Ketua KPU Arief Budiman membuka kampanye damai dengan karnaval mengelilingi Monas. Masing-masing Capres-cawapres menaiki mobil golf untuk mengikuti karnaval. "Dengan mengucap bismillah kita akan mulai acara hari ini dengan karnaval," kata Arief.