Minggu, 23 September 2018 08:53 WITA

Ini yang Terjadi Pada Gurita Ketika Diberikan Ekstasi

Editor: Suriawati
Ini yang Terjadi Pada Gurita Ketika Diberikan Ekstasi
INT

RAKYATKU.COM - Sebuah penelitian menarik mengungkapkan bahwa MDMA, obat yang dikenal sebagai ekstasi, membuat gurita lebih sosial, sama seperti manusia.

Gurita dikenal memiliki sifat dasar penyendiri.

Dalam studi tersebut, peneliti Johns Hopkins Medical memberi MDMA kepada sekelompok gurita bimaculoides untuk melihat bagaimana obat ini mempengaruhi perilaku mereka.

"Meskipun ada perbedaan anatomi antara otak gurita dan manusia, kami menemukan bahwa ada kesamaan molekuler dalam gen transporter serotonin," kata peneliti, Gul Dolen.

"Kesamaan molekuler ini cukup untuk memungkinkan MDMA menginduksi perilaku prososial dalam gurita."

Analisis genomik periset menunjukkan bahwa bimaculoides memiliki gen transporter serotonin yang dikenal berfungsi sebagai situs pengikatan MDMA.

Penemuan ini menunjukkan bahwa gurita memiliki komponen molekul yang diperlukan untuk merasakan dan berpotensi merespon MDMA.

Peneliti juga menguji ketertarikan gurita satu sama lain saat berada di bawah pengaruh MDMA. Dan apa yang mereka lihat sangat mengejutkan.

Gurita tidak hanya menghabiskan lebih banyak waktu dengan individu gurita lain saat menggunakan ekstasi, tapi mereka juga terlibat dalam kontak permukaan ventral yang lebih luas. Itu merupakan kontak fisik yang tidak biasa bagi gurita.

Studi ini diterbitkan dalam jurnal Current Biology.