Minggu, 23 September 2018 05:00 WITA

Jamaah Haji Wafat Tahun 2018 Menurun Hampir 50 Persen

Editor: Adil Patawai Anar
Jamaah Haji Wafat Tahun 2018 Menurun Hampir 50 Persen

RAKYATKU.COM - Kementerian Agama (Kemenag) menyatakan penyelanggaraan ibadah haji 2018 lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Salah satu indikatornya ialah menurunnya jumlah jamaah yang meninggal.

"Pada tahun 2018 jumlah jamaah yang wafatnya 369 orang. Sedangkan pada 2017 jumlahnya 648 orang. Turun hampir 50% dibanding tahun lalu," kata Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Kemenag, Mastuki dilansir Okezone, Jumat 21 September 2018.

Mastuki menerangkan, seleksi kesehatan pada musim haji tahun ini lebih ketat dibanding tahun sebelumnya. Sehingga, jamaah yang memiliki kondisi kesehatan kurang baik tidak mendapat izin pemberangkatan.

Sementara itu, di level pelaksanaan, pelayanan medis pun cukup ditingkatkan. Misalnya saja jumlah petugas kesehatan yang bertambah dan siaga di jalur utama seperti Arafah dan Mina.

"Di level penyiapan kita iya (maksimal) dan dipelaksanaan juga siap. Petugas tidak hanya memiliki kemampuan medis, melainkan juga memiliki kemampuan pertolongan pertama. Jadi semuanya bisa diantisipasi," tutur Mastuki.

Kemenag hingga masih menunggu hasil survei indeks kepuasan atas layanan haji 2018 oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Kemenag akan menge evaluasi internal pelayanan haji pada 10 Oktober 2018.

"Ya kami menunggu hasil survei yang dilakukan BPS. Tiap tahun mengadakan itu. Kami juga melakukan evaluasi internal Insya Allah tanggal 10 Oktober mengundang DPR, stakholder, dan petugas. Ini tidak hanya evaluasi untuk yang sekarang, tapi juga menetapkan action untuk (haji) 2019," pungkas Mastuki.