Jumat, 21 September 2018 15:31 WITA

Pelantikan Kepala Daerah Putaran 1 Bakal Digelar di Baruga Unhas

Editor: Aswad Syam
Pelantikan Kepala Daerah Putaran 1 Bakal Digelar di Baruga Unhas
Kepala Biro Pemerintahan Provinsi Sulsel, M. Hasan Basri Ambarala, memberikan keterangan kepada wartawan, Jumat (21/9/2018).

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Ada yang berbeda dengan pelantikan kepala daerah lingkup Sulsel pada 26 September mendatang. Jika biasanya pelantikan digelar di Ruang Pola Kantor Gubernur Sulsel, maka pada Rabu mendatang, pelantikan itu bakal dilaksanakan di gedung Baruga AP Pettarani Unhas, Jalan Perintis Kemerdekaan.

Alasannya, kapasitas ruang pola dinilai tidak cukup untuk menampung jumlah undangan dari empat kabupaten/kota. Diketahui, pihak pemprov memberikan 250 undangan untuk masing-masing kabupaten/kota.

"Ruang pola hanya bisa menampung 400-an undangan. Sementara ada 250 undangan untuk empat kabupaten/kota. Belum lagi yang dari pemprov. Jadi ada sekitar 1.500 undangan," kata Kepala Biro Pemerintahan Provinsi Sulsel, M. Hasan Basri Ambarala, Jumat (21/9/2018).

Lebih lanjut ia mengatakan, pemilihan lokasi pelantikan itu merupakan arahan langsung dari Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah. 

"Ini tidak menyalahi aturan. Selama bupati/wali kota itu dilantik di wilayah Provinsi Sulsel. Jadi, meski pelantikannya digelar di Karebosi, maka sah-sah saja," katanya.

Lelaki berkaca mata ini menambahkan, pelantikan yang akan dilaksanakan sebanyak 3 putaran itu, rencananya akan digelar di tempat yang berbeda-beda. 

Ia menjelaskan, pelantikan ini juga sebagai roadshow, agar bupati dan wali kota yang dilantik bisa lebih dekat dengan masyarakat.

"Jadi, putaran 1 (September) akan digelar di gedung Baruga A.P Pettarani Unhas. Putaran 2 (Desember) bisa saja kita gelar di kampus lainnya, begitu juga putaran ketiga (Maret 2019). Kita lihat kondisinya nanti," terangnya.

Seperti diketahui, empat kepala daerah serta wakilnya yang akan dilantik di antaranya, Ilham Azikin-Sahabuddin (Bantaeng), Andi Seto Ghadista Asapa- Andi Kartini Ottong (Sinjai), Andi Fashar M Padjalangi-Ambo Dalle (Bone), dan Judas Amir- Rahmat Masri (Palopo).