Jumat, 21 September 2018 12:28 WITA

BPBD Parepare Susun Rencana Penanggulangan Bencana

Penulis: Hasrul Nawir
Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
BPBD Parepare Susun Rencana Penanggulangan Bencana

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Pemerintah Kota Parepare, melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melakukan penyusunan rencana penanggulangan bencana (RPB), di ruang data Kantor Wali Kota Parepare, Jumat (21/9/2018).

Pelaksana tugas (Plt) Asisten I Bidang Pemerintahan, Andi Erwin Pallawarukka mengatakan, pemerintah daerah menjadi penanggung jawab penanggulangan bencana. Salah satu wewenang penyelenggaraan penanggulangan bencana diantaranya pembuatan perencanaan pembangunan yang memasukkan unsur- unsur kebijakan penanggulangan bencana.

"Penyusunan Rencana penanggulangan Bencana (RPB) merupakan hal yang sangat penting. Sebab hal ini merupakan salah satu bentuk antisipasi aktif dengan menyusun berbagai langkah dan skenario perencanaan untuk penanggulangan bencana," jelas Andi Erwin saat membacakan sambutan Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe.

Bencana, berpotensi terus meningkat dari tahun ke tahun. Di sisi lain masih banyak kelemahan dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana. Untuk itu, diharapkan melalui penyusunan Rencana Penanggulangan Bencana Kota Parepare ini mampu untuk mengidentifikasi, menganalisis dan mengambil tindakan pencegahan dan mitigasi bencana, sehingga dapat mengurangi tingkat risiko suatu bencana.

Selain itu, pemerintah telah melahirkan terobosan dalam penanggulangan bencana, yaitu mengintegrasikan layanan kesehatan, pemadam kebakararn dan penyelamatan, serta penanggulangan bencana melalui layanan darurat Call Center 112.

"Nantinya akan ada operator di Call Center 112 yang bertugas mengalihkan setiap aduan permohonan masyarakat ke unit tujuan pemesanan urgensi termasuk penanggulangan bencana ke unit 112, dengan adanya layanan terpadu call center itu penanganan bencana dapat lebih responsif lagi," ungkapnya.

Belum lama ini, Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), Komisaris Jenderal Pol (Purn) Syafruddin, menyerahkan penghargaan kepada Wali Kota Parepare HM Taufan Pawe atas Penghargaan sebagai inovator Call Centre 112 yang ditetapkan sebagai Top 99 Inovasi Pelayanan Publik tahun 2018 di Indonesia.