Kamis, 20 September 2018 17:42 WITA

Geledah di Dua Kantor, Kejari Bulukumba Sita Laptop dan Dokumen

Penulis: Rahmatullah
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Geledah di Dua Kantor, Kejari Bulukumba Sita Laptop dan Dokumen
Kejari Bulukumba sita barang bukti di Kantor Camat Bontobahari dan Kantor Kelurahan, Kamis (20/9/2018).

RAKYATKU.COM, BULUKUMBA - Penggeledahan kantor Camat Bontobahari dan kantor Kelurahan Tanah Lemo, oleh Kejaksaan Tinggi (Kejari) Bulukumba, berakhir dengan menyita sejumlah barang bukti, Kami (20/9/2018).

Di kantor Kecamatan Bontobahari, penyidik menyita puluhan dokumen dan satu buah laptop berisi arsip data. Barang bukti disimpan dalam satu kotak plastik besar yang digiring menuju kantor Kejari. Laptop disita adalah milik kantor Kecamatan Bontobahari.

Sementara proses penggeledahan di kantor kelurahan awalnya berjalan alot, pasalnya dokumen yang diminta oleh penyidik tak kunjung diperlihatkan oleh Lurah dan stafnya.

Dokumen yang dimaksud adalah draft surat keluar dan surat masuk sejak tahun 2015, 2016, dan 2017. Penyidik mengaku, ada kerancuan pada sistem administrasi kelurahan. Antara lurah dan staf saling lempar tanggungjawab mengenai penanggungjawab adminstrasi. Hal ini membuat penyidik sedikit naik pitam.

"Aneh, masa ada kantor yang draft surat masuk dan keluarnya tidak ada, kan itu harus ada, karena sesuai SOP," kata Kasi Pidusus Kejari Bulukumba, Femi I Nasution.

Loading...

Femi menambahkan, dokumen ini diperlukan demi melengkapi barang bukti penyelidikan terhadap tindak pidana korupsi dugaan penjualan lahan Taman Hutan Raya (Tahura) Bulukumba yang terletak di Kelurahan Tanah Lemo.

Kasus Tahura di Bulukumba sudah dilamai oleh Kejari sejak 1 tahun terakhir ini. Belasan orang telah diperiksa oleh Tipikor Kejari, dari dinas kehutanan, masyarakat dan juga dari pihak balai.

Kejari juga telah menetapkan tersangka dalam kasus ini berasal dari tiga elemen, yakni dari masyarakat, swasta dan dari unsur pemerintahan. Namun Kejari belum membeberkan jumlahnya.

Dari hasil temuan ini, sekitar 42 hektar lahan tahura diperjualkan untuk pembangunan tambak udang.

Loading...
Loading...