Kamis, 20 September 2018 12:38 WITA

Mantan PM Najib Razak Menghadapi 21 Tuduhan Pencucian Uang

Editor: Suriawati
Mantan PM Najib Razak Menghadapi 21 Tuduhan Pencucian Uang
Najib Razak (tengah) - Reuters

RAKYATKU.COM - Sebanyak 21 tuduhan pencucian uang telah dipersiapkan untuk mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak, sehubungan dengan transfer sejumlah uang ke rekening bank pribadinya.

Wakil Inspektur Jenderal Polisi Noor Rashid Ibrahim mengatakan bahwa dakwaan itu termasuk sembilan tuduhan menerima hasil ilegal, lima dakwaan menggunakan hasil ilegal dan tujuh dakwaan mentransfer hasil kepada entitas lain.

Najib ditangkap lagi sehubungan dengan investigasi 1Malaysia Development Berhad (1MDB) pada hari Rabu oleh Komisi Antikorupsi Malaysia (MACC) dan ditahan semalam di markas badan anti-korupsi di Putrajaya.

Pada Kamis pagi, polisi membawa Najib ke departemen investigasi kejahatan komersial untuk mencatat pernyataannya, dan dia akan muncul di pengadilan pada sore hari.

Najib sebelumnya telah ditampar dengan tujuh dakwaan - tiga untuk pelanggaran kepercayaan, tiga pencucian uang dan satu untuk penyalahgunaan kekuasaan, yang terkait dengan dugaan transfer RM42 juta ke rekening pribadinya dari SRC International, unit mantan 1MDB. 

Senin lalu, Najib merilis dokumen untuk mendukung klaimnya bahwa dana RM2.6 miliar yang disetorkan ke rekening banknya adalah sumbangan dari royalti Saudi.

Dia menambahkan bahwa dia akan mengungkapkan lebih banyak detail di masa depan.