Kamis, 20 September 2018 09:55 WITA

Ban Pesawat Nyaris Sentuh Landasan, Terbang Lagi Gara-gara Badai Ali

Editor: Aswad Syam
Ban Pesawat Nyaris Sentuh Landasan, Terbang Lagi Gara-gara Badai Ali
Moment saat pesawat Ryanair gagal mendarat.

RAKYATKU.COM, INGGRIS - Ini adalah momen dramatis yang harus dilakukan pilot Ryanair, ketika membatalkan pendaratan akibat angin kencang menabrak pesawat, saat mendekati landasan pacu.

Pilot sudah menurunkan ban pesawat di Bandara Dublin kemarin. Saat ban sudah nyaris menyentuh aspal landasan, tiba-tiba badai Ali menyerang. Pesawat jet itu pun kembali mengangkat moncongnya lalu terus terbang.

Hujan lebat dan angin kencang melanda Kepulauan Inggris hari ini, setelah dua orang tewas kemarin akibat badai pertama musim ini, yang membawa angin 102mph kemarin.

Sistem cuaca baru yang bergerak dari Atlantik, telah memicu peringatan kemungkinan banjir dan gangguan perjalanan lebih lanjut, setelah badai Ali mendatangkan malapetaka karena melanda Inggris dan Irlandia.

Sementara Irlandia Utara dan Skotlandia, menanggung beban dari kondisi yang berangin kencang, cuaca terbaru diperkirakan akan membawa hujan deras dan embusan - meskipun tidak sekuat - ke Wales dan sebagian besar Inggris pada hari Kamis.

Kantor Met telah memperingatkan tentang 'kemungkinan' cedera dan bahaya, ketika angin kencang mengancam menghantam genteng dari atap dan menumbangkan pohon. 

Seorang turis dari Swiss tewas, setelah kafilahnya diledakkan di lereng berbatu dan hancur berkeping-keping di pantai di bawah ini di County Galway, Irlandia Utara. Sementara seorang pekerja kontrak di sebuah taman hutan di County Armagh, meninggal setelah dia terkena pohon.

Wanita itu, bernama lokal sebagai Elvira Ferraii dan dikatakan berusia di usia 50-an, dilaporkan telah tinggal di tempat terpencil di Clifden ecoBeach Camping and Caravan Park, selama beberapa minggu.

Pria itu, yang berusia 20-an, bekerja atas nama utilitas publik Air Irlandia Utara di Slieve Gullion Forest Park. Seorang rekan kerja berusia 40-an juga terluka oleh pohon yang jatuh.

Di Cheshire, seorang wanita terluka parah setelah sebatang pohon jatuh ke mobilnya, dan di Dataran Tinggi, seorang lelaki harus diselamatkan setelah terperangkap di bawah penggali di sungai di desa Rogart.

Badai Ali, yang membawa angin 102.2mph di Tay Road Bridge di Dundee - menurut peralatan jembatan, menyapu Inggris pada Rabu malam.

Peringatan cuaca kuning untuk hujan di seluruh Wales dan Inggris bagian utara, berlaku untuk sebagian besar hari Kamis, sementara peringatan untuk angin hingga 65mph dimulai pukul 18:00 di sebagian besar wilayah Inggris lainnya.

Hujan hingga 100mm, diperkirakan turun di dataran tinggi di Wales dan Cumbria.

Rekaman menunjukkan, pesawat Ryanair membuat layak ke Bandar Udara Dublin kemarin pagi, selama angin kencang Storm Ali.

Dalam video menegangkan, jet Ryanair, yang tiba dari Brussel, terlihat mendekati landasan ketika daun terbang di udara dan menyaksikan jeda untuk menyaksikan percobaan pilot mendarat di angin kencang.

Saat pesawat semakin dekat ke landasan pacu, roda pendaratnya dapat terlihat siap menyentuh tanah yang kokoh.

Namun hanya beberapa detik sebelum berhenti terbang, ujung depan pesawat mulai miring ke atas dan pesawat mulai naik melalui udara lagi.

Meskipun kondisi kurang dari ideal pesawat tetap stabil sepanjang waktu dan mendarat secara normal pada upaya berikutnya, untuk menyentuh landasan pacu.

Juru bicara Ryanair mengatakan: "Penerbangan dari Brussel ke Dublin (19 Sep) melakukan kegiatan rutin karena angin kencang, sebelum mendarat secara normal di Dublin."

Go-around adalah pendaratan yang dibatalkan dari penerbangan yang ada di pendekatan terakhir. Ini adalah praktik umum oleh pilot, ketika mereka tidak percaya itu aman untuk mendarat atau ketika embusan angin meniup pesawat keluar jalur.

Saat pesawat mencoba mendarat di landasan pacu, embusan angin muncul untuk mengangkatnya lagi dan pesawat miring ke atas.

Pesawat terus terbang dan roda pendaratannya dapat dilihat. Meskipun kondisi berangin pilot tetap membuat pesawat tetap stabil.

Video itu dibagikan di Twitter dan daun-daun dapat terlihat terbang di udara saat pesawat mencoba pendaratannya.