Senin, 17 September 2018 17:08 WITA

Kanal Jorok Jelang F8, Gubernur: Tinggal Perintahkan, Suruh Selesaikan

Penulis: Sutrisno Zulkifli
Editor: Mulyadi Abdillah
Kanal Jorok Jelang F8, Gubernur: Tinggal Perintahkan, Suruh Selesaikan
Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah (kiri) saat mengunjungi Gedung Balai Kota Makassar, Senin (17/9/2018).

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah memberikan perhatian khusus sejumlah kanal di Kota Makassar yang masih dijejali sampah. Kanal itu disebut harus bersih sebelum pagelaran Internasional Makassar Eight Festival and Forum (F8).

Nurdin sudah melakukan pertemuan dengan Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan, Komando Daerah Militer Hasanuddin, serta Pemerintah Kota Makassar untuk dibersihkan secepat mungkin. 

"Nanti kita sinergikan dengan TNI juga. Saya juga sudah bicara dengan Pangdam tadi, bagaimana kanal ini bisa jadi sumber penghidupan lagi. Kita bekerja sama dengan Panglima, Balai, Pemkot bersama-sama. Karena yang punya wilayah kan Pemkot," jelas Nurdin, saat ditemui di Kantor Balai Kota Makassar, Jalan Ahmad Yani, pada Senin (17/9/2018).

"(Soal target) secepatnya. Sebelum F8 sudah kita mulai bersih-bersih. Karena semakin banyak nanti tamu-tamu agung kita," tegas mantan Bupati Bantaeng dua periode tersebut.

Dia juga mengungkapkan, telah menyampaikan kepada Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan, selaku yang berwenang terhadap sungai dan kanal, untuk tetap menjalin koordinasi dengan pemerintah provinsi dalam menjalankan tugas yang berkaitan dengan wilayah bersangkutan. 

Loading...

"Saya tadi sudah tegaskan, tidak ada lagi lembaga-lembaga yang ada di pusat yang tidak berkoordinasi dengan kita," tegasnya. 

Perihal siapa yang lebih berwewenang dalam hal pembersihan kanal, Nurdin malah memberi pernyataan tegas. "Nggak usah urus otoritas. Tinggal perintahkan suruh selesaikan," tegasnya.

Ia pun berharap, kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampahnya di kanal, lebih bisa ditingkatkan lagi. Pasalnya, kata Nurdin, Makassar saat ini sudah terlihat bersih dengan program-program inovasi pemerintah.

"Makanya kalau kanalnya ini mau bersih, harus dibersihkan, airnya jadi jernih. (Masyarakat) pasti sayang buang sampah kalau sudah bersih?," tukas Guru Besar Unhas tersebut.

Loading...
Loading...