Senin, 17 September 2018 15:02 WITA

Proyek Rel Kereta Api di Barru Bikin Rusak Jalan dan Irigasi

Editor: Mulyadi Abdillah
Proyek Rel Kereta Api di Barru Bikin Rusak Jalan dan Irigasi
Foto: Dok/Rakyatku

RAKYATKU.COM, BARRU - Pembangunan Rel Kereta Api (RKA) di Kabupaten Barru berdampak pada kerusakan infrastruktur jalan dan irigasi.

Kepala Dinas PU Barru, Herman Jaya mengatakan, data sementara kerusakan jalan yang ada di Barru akibat pembangunan rel kereta api sepanjang 11 Kilometer.

"Rinciannya yakni, 4 ruas kerusakan jalan di Kecamatan Barru, 3 ruas di Balusu, 3 ruas di Soppeng Riaja, dan 6 ruas Mallusetasi," sebut Herman Jaya, Senin (17/9/2018).

Selain kerusakan jalan, kata dia, juga ada kerusakan irigasi yang tersebar di seluruh kecamatan di Barru.

"Jadi itu baru data jalan rusak yang sementara telah kami identifikasi. Mungkin dalam waktu dekat akan kita sampaikan secara keseluruhan setelah tim melakukan survei," tandas Herman Jaya.

Terpisah, Satker bagian PPK Kontruksi (RKA) dari Dirjen Perkeretapian, Doni Adi Kuncoro mengatakan, pihaknya berjanji akan melakukan perbaikan terhadap kerusakan infrastruktur tersebut.

"Kami berjanji akan melakukan perbaikan infrastruktur seperti jalan dan irigasi pertanian, yang rencananya akan dilakukan antara November dan Desember mendatang," kata Doni.

Doni mengatakan, hingga saat ini pihaknya belum dapat merinci berapa jumlah anggaran yang disiapkan untuk melakukan perbaikan itu. 

"Sementara masih kita koordinasikan dengan PU kabupaten untuk data kerusakan infrastruktur tersebut. Setelah itu baru turun anggarannya" ujarnya.