Minggu, 16 September 2018 21:29 WITA

Kotornya Pantai Bontoujung Jeneponto, Sampah Berserakan Dimana-mana

Penulis: Zul Lallo
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Kotornya Pantai Bontoujung Jeneponto, Sampah Berserakan Dimana-mana

RAKYATKU.COM, JENEPONTO - Sampah plastik berserakan sepanjang Pantai Bontoujung, Desa Bontoujung, Kecamatan Tarowang, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan.

Salah seorang warga setempat, Amir mengatakan, sampah yang didominasi dari botol mineral tersebut, sudah lama berserakan dipinggir pantai dan kurang mendapat perhatian dari pemerintah.

"Sampah dari laut ini, dibawa arus gelombang, sudah lama memang seperti ini. Kadang juga saya bakar, tapi ini banyak lagi. Kalau panjang pantai yang ada sampah botol mineral ini sekitar 1 kilometer," kata Amir. 

Menurut Amir, sampah tersebut harus memang ada penanganan. Jika musim hujan tiba, sampah plastik itu akan kembali ke laut digulung ombak.

"Kurang lebih satu tahun saya tinggal di Bontoujung ini. Saya perhatian lamami ini sampah plastik berserahkan. Cuman memang harus dibersihkan, kalau hujan pasti digulung air kelaut," bebernya.

Amir menambahkan, penyebab banyaknya sampah dari botol mineral itu diduga ada warga yang membuang sampah ke laut, ditambah lagi para petani rumput laut yang menggunakan botol mineral sebagai pelampung.