Minggu, 16 September 2018 21:18 WITA

Bupati Pangkep Harap Budidaya Lobster Bisa Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Bupati Pangkep Harap Budidaya Lobster Bisa Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

RAKYATKU.COM, PANGKEP - Bersama warga pulau Balang Lompo, Bupati Pangkep, Syamsuddin Hamid, memanen hasil budidaya lobster dari keramba warga di Pulau Balang Lompo, Kecamatan Tupabbiring, Kabupaten Pangkep.

Syamsuddin berharap, budidaya jenis udang bernilai ekspor tinggi ini, yang sudah banyak di budidayakan warga, dapat meningkatkan ekonomi masyarakat. Apalagi sejauh ini hasilnya sudah bisa dirasakan.

"Ini peluang yang sangat menggiurkan. Pemkab akan bantu tahun depan untuk nelayan lobster," kata Syamsuddin di hadapan para nelayan, Minggu (16/9/2018).

Kata Syamsuddin, dengan harga Rp 600 ribu per kilo, budidaya lobster ini dipastikan dapat meningkatkan taraf ekonomi masyarakat, khususnya di daerah kepulauan Pangkep.

Sementara itu, Kadis Perikanan Provinsi Sulsel, Sulkaf Latif, yang hadir berharap Pangkep dapat menjadi Kabupaten penghasil lobster di Sulsel, selain Kabupaten Bantaeng dan Takalar.

"Semoga Pangkep bisa mempertahankan menjadi salah satu daerah penghasil lobster. Sejauh ini ada Bantaeng dan Takalar. Bahkan kalau bisa budidaya lainnya juga seperti ikan dan mutiara," ungkap Sulkaf.

Sejauh ini nelayan yang juga melakukan budidaya lobster di pulau Balang Lompo sekitar 110 orang, dengan jumlah bibit mencapai 100-200 ekor per keramba. Hasilnya bahkan sampai ke Jakarta untuk bahan ekspor.