Minggu, 16 September 2018 16:03 WITA

Soal Temuan Pemilih Ganda di Sulsel, NA: Semua yang Jadi Kerikil, Tuntaskan!

Penulis: Rizal - Arfa Ramlan
Editor: Nur Hidayat Said
Soal Temuan Pemilih Ganda di Sulsel, NA: Semua yang Jadi Kerikil, Tuntaskan!
Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah, ikut memberikan tanggapan terkait masih ditemukannya data pemilih ganda untuk Pemilu 2019 di Sulsel.

Sembari mengacungkan jari telunjuk sebagai ekspresi memberi instruksi, NA mengaku dalam waktu dekat ini semuanya akan dibersihkan. Hal ini dilakukan agar data dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Sulsel untuk Pemilu 2019 benar-benar valid sesuai dengan kenyataan di lapangan.

"Sebenarnya, ini bukan instruksi lagi. Tadi kan (Minggu pagi, 16/9/2018) kita sudah deklarasi untuk mewujudkan Pilkada yang damai, aman, dan sejuk di Sulsel. Jadi, semua yang akan menjadi kerikil di dalam Pileg dan Pilpres itu akan kita tuntaskan. Saya akan minta itu," tegasnya.

Adanya temuan data pemilih ganda, menurut mantan Bupati Bantaeng dua periode tersebut, harusnya tak boleh lagi terjadi. Apalagi, saat ini sudah banyak alat canggih yang bisa mendeteksi data-data tersebut.

"KTP ganda (pemilih ganda) kita akan sikapi karena sekarang sudah ada alat canggih yang bisa mendeteksi itu. Saya kira kita harus ciptakan suasana yang sangat kondusif di Sulsel. Jadi kalau sudah ada dugaan-dugaan seperti itu, kita akan sikapi cepat," tutupnya.

Sekadar diketahui, sebelumnya Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulsel menemukan 7.453 data pemilih ganda di Sulsel. Data tersebut sebelumnya masuk dalam DPT Sulsel untuk Pemilu 2019 yang telah ditetapkan beberapa waktu lalu.

Hanya saja, pada saat penetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) tingkat provinsi baru-baru ini, data pemilih ganda temuan Bawaslu ini sudah diclear-kan oleh KPU Sulsel. Namun, sejumlah partai politik mengklaim juga masih memiliki data-data sendiri terkait jumlah pemilih ganda di Sulsel.