Minggu, 16 September 2018 14:23 WITA

Rp299 Juta untuk PSK yang Bertobat 

Editor: Eka Nugraha
Rp299 Juta untuk PSK yang Bertobat 
Ilustrasi PSK

RAKYATKU.COM, KOREA SELATAN --- Pemerintah Korea Selatan menyiapkan dana sebesar 22,6 juta Won atau setara Rp299 Juta untuk Pekerja Seks Komersial (PSK). Dana itu untuk menghidupi para PSK yang akan bertobat. 

Pemerintah di Distrik Michuhol-gu akan mengumumkan rencana itu pada Senin, 17 September. Dana itu untuk mengentaskan perempuan dari prostitusi di wilayah itu. PSK yang menyatakan akan meninggalkan prostitusi akan mendapatkan dana itu secara bertahap. 

Korea Times melansir, uang akan diberikan per item pembiayaan. Dana sebesar 1 juta won untuk tunjangan hidup bulanan. Ada pula dana sewa rumah sebesar 7 juta won. Sedangkan 300 ribu won digunakan untuk biaya per bulan untuk pelatihan. 

Pemerintah distrik berencana menggusur klub-klub yang masih ada. Rencananya, kawasan itu akan jadi kompleks apartemen. 

Rencana pemerintah di sana rupanya mendapat respons yang tidak baik. Uang 22,6 juta won untuk para PSK tobat dianggap berlebihan. 

"Tentu saja beberapa orang yang tidak beruntung pasti tidak punya pilihan selain menjadi PSK. Namun, tak semua perempuan terjun ke dunia prostitusi saat mengalami kesulitan keuangan," kata seseorang yang menandatangani petisi anti-subsidi di Cheong Wa Dae, seperti dikutip dari Korea Times.

Seorang pejabat kantor distrik Michuhol-gu mengatakan kepada Segye Ilbo bahwa subsidi hanya untuk mereka yang bersedia mengubah masa lalu mereka.