Minggu, 16 September 2018 14:14 WITA

Anaknya Mati di Lubang Jalanan, Pria India Timbun 585 Jalan Berlubang

Editor: Aswad Syam
Anaknya Mati di Lubang Jalanan, Pria India Timbun 585 Jalan Berlubang
Dadarao Bilhore timbun lubang.

RAKYATKU.COM, INDIA - Cinta orang tua melampaui kata-kata, dan sering melakukan hal-hal yang mungkin tidak mudah dipahami orang lain. 

Seperti Dadarao Bilhore. Pria itu menemukan kedamaian, saat ia mengisi jalan berlubang dengan tanah dan batu. Itu dilakukan setiap hari, dan dia ikhlas melakukannya.

Itu dilakukan untuk menghormati putranya, yang meninggal karena kecelakaan jalan yang disebabkan oleh lubang jalanan. 

Putranya, Prakash Bilhore meninggal tiga tahun lalu, ketika dia baru berusia 16 tahun. 

Tidak tega membayangkan betapa hancurnya orang tuanya. Dengan mengisi lubang-lubang ini, Bilhore merasa bahwa itu telah membantunya mengatasi kesedihan, karena kehilangan putra kesayangannya dan untuk menyembuhkan kekosongan di dalam hatinya. 

Dia berharap tidak ada orangtua lain yang harus melalui rasa sakit seperti dirinya, karena kehilangan anak mereka akibat kecelakaan, yang dapat dihindari. 

Dia memutuskan, dia harus melakukan sesuatu tentang jalan-jalan Mumbai, yang seperti banyak jalanan di India, terkenal buruk dan mengancam. 

Hampir 600 lubang telah ditutup di seluruh Bollywood dan ibukota. Yang lebih menginspirasi dan menarik adalah, dia menggunakan pasir dan kerikil yang dikumpulkan dari situs bangunan, untuk membuat kota kecilnya menjadi tempat yang lebih baik. 

Menempatkan waktunya pergi kapan pun dia bisa, pedagang sayur-mayur ini, telah memperbaiki 585 lubang. Banyak dilakukan sendiri, sebagian dilakukan dengan bantuan relawan.  

Bilhore merasa pengakuan yang diberikan oleh publik, memberinya kekuatan yang cukup, untuk mengatasi rasa sakit kehilangan putranya. 
Terkadang, ia bahkan merasakan kehadiran putranya. “Pengakuan atas pekerjaan kami telah memberi saya kekuatan, untuk mengatasi rasa sakit dan ke mana pun saya pergi. Saya merasa, Prakash berdiri bersama saya,” kata Bilhore. 

Statistik dari pemerintah menunjukkan, lubang-lubang itu bertanggung jawab atas kematian 3.597 orang di seluruh India pada tahun lalu.