Minggu, 16 September 2018 10:28 WITA

Topan Super Mangkhut Menewaskan 12 Orang di Filipina

Editor: Suriawati
Topan Super Mangkhut Menewaskan 12 Orang di Filipina
Penduduk berdiri di jalan yang banjir, menyusul serangan Topan Mangkhut di kota Tuguegarao di provinsi Cagayan, Filipina timur laut, pada 15 September. (Aaron Favila / AP)

RAKYATKU.COM - Topan Super Mangkhut yang menghantam Filipina pada hari Sabtu, menyebabkan setidaknya 12 orang tewas.

Badai ganas itu mendarat di Filipina sekitar pukul 01.30 pagi waktu setempat, dan dikategorikan sebagai badai Kategori 4.

Francis Tolentino, seorang penasihat Presiden Filipina Rodrigo Duterte, berbicara dari zona bencana pada Sabtu malam.

Dia mengatakan bahwa sedikitnya 12 orang tewas di Filipina utara, termasuk seorang bayi, dan bahwa jumlah korban bisa meningkat.

Topan Super Mangkhut Menewaskan 12 Orang di FilipinaMengenai dampak kerusakan, Tolentino mengatakan bahwa hampir semua bangunan di kota Tuguegarao, ibukota provinsi Cagayan, rusak.

Badai juga mempengaruhi tanaman di daerah penghasil beras dan jagung. Ia memperkirakan hanya seperlima hasil panen yang telah dipanen sebelumnya.

Setelah meninggalkan Filipina, topan Mangkhut diprediksi akan bergerak menuju Hong Kong pada hari Minggu.

Kota ini telah melakukan antisipasi menyambut badai tersebut. Banyak bisnis dan rumah yang tutup, pembangkit listrik tenaga nuklir di jalur badai juga sudah "siap tempur" dan ratusan penerbangan dari Bandara Internasional Hong Kong telah dibatalkan.

Menurut South China Morning Post, Layanan Bantuan Sipil Hong Kong juga telah mengerahkan staf untuk membantu warga mengambil tindakan pencegahan dan meminta mereka yang berada di daerah yang paling berisiko untuk dievakuasi.

Tags