Minggu, 16 September 2018 09:37 WITA

Dua Putra Mantan Presiden Hosni Mubarak Ditahan di Penjara

Editor: Suriawati
Dua Putra Mantan Presiden Hosni Mubarak Ditahan di Penjara
File foto 14 September 2013, mantan Presiden Mesir Hosni Mubarak, (tengah) dan putranya, Gamal Mubarak, (kiri) menghadiri sidang di Kairo, Mesir. (AP Photo)

RAKYATKU.COM - Sebuah pengadilan pidana Mesir memerintahkan penangkapan dua putra Mantan Presiden Hosni Mubarak atas tuduhan manipulasi pasar saham.

Kantor berita negara MENA, melaporkan bahwa Alaa dan Gamal Mubarak, ditangkap bersama tujuh orang lainnya, karena dituduh melanggar pasar saham dan aturan bank sentral untuk memperoleh keuntungan, melalui penjualan saham Al Watany Bank of Egypt. Mereka semua telah menyangkal melakukan kesalahan apa pun.

Putra tertua Mubarak, Alaa, adalah seorang pengusaha kaya. Sementara Gamal adalah mantan bankir, yang secara luas dipandang sebagai penerus Mubarak, sampai ia digulingkan pada Februari 2011.

Alaa, Gamal dan ayah mereka telah diadili pada tahun 2011. Mereka dijatuhi hukuman tiga tahun penjara karena dituduh menggelapkan dana yang disisihkan untuk pemulihan dan pemeliharaan istana kepresidenan, dan menggunakan uang itu untuk meningkatkan hunian pribadi mereka.

Mereka ditahan hanya dua bulan pasca pemberontakan yang mendesak Mubarak mundur setelah berkuasa hampir 30 tahun.

Kedua bersaudara itu dibebaskan pada tahun 2015, sementara Mubarak keluar dari penjara tahun lalu. Ketiganya telah membayar mengembalikan uang yang mereka gelapkan kepada negara.

Setelah penangkapan baru-baru ini, Alaa dan Gamal akan kembali menjalani persidangan pada 20 Oktober.

Sumber: Reuters / Fox News

Tags