Minggu, 16 September 2018 09:04 WITA

Seorang Nelayan Banggai Tewas akibat Ledakan Bom Ikan Rakitan

Penulis: M. Qadri
Editor: Abu Asyraf
Seorang Nelayan Banggai Tewas akibat Ledakan Bom Ikan Rakitan
Korban sempat dirawat di Puskesmas sebelum dinyatakan meninggal dunia.

RAKYATKU.COM – Salah seorang warga di Desa Kuntang, Kecamatan Balantak Utara, Kabupaten Banggai Luwuk, Sulawesi Tengah tewas terkena ledakan bom ikan rakitan di rumahnya, Sabtu (15/9/2018).

Korban bernama Kadir Lolano. Dia sehari-hari bekerja sebagai nelayan. Akibat ledakan tersebut, Kadir mengalami luka serius pada bagian wajah dan kaki. Sementara rumah miliknya mengalami kerusakan yang cukup parah. Dinding rumah runtuh.

Kadir sempat dilarikan ke Puskesmas Balantak oleh warga setempat untuk menjalani perawatan medis, namun pada Sabtu sekitar pukul 20.15 Wita, dia dikabarkan meninggal dunia. 

Atas kejadian tersebut, kepolisian melakukan pengecekan di rumah Kadir. Wakapolres Banggai Kompol Doni Prakoso, Minggu (16/9/2018) mengatakan, tidak ditemukan bahan peledak di rumah korban.

"Setelah dilakukan pengecekan bahwa ledakan tersebut merupakan bom ikan yang diduga dirakit oleh Kadir," ujar Doni Prakoso.

Doni mengimbau masyarakat, khususnya nelayan di daerah itu agar menghindari penggunaan bahan peledak dalam menangkap ikan. Selain dapat merusak biota laut yang menjadi sumber pencaharian mereka, juga dapat menghilangkan nyawa.

Berita Terkait