Minggu, 16 September 2018 08:16 WITA

Kapal Karam 112 Tahun Lalu Ditemukan di Teluk Georgia

Editor: Suriawati
Kapal Karam 112 Tahun Lalu Ditemukan di Teluk Georgia
Detroit News

RAKYATKU.COM - Sebuah tim penyelam internasional menemukan puing-puing kapal yang hilang lebih dari 100 tahun yang lalu saat badai di Danau Huron, Amerika.

Kapal JH Jones membawa 30 orang ketika lenyap pada tahun 1906 saat badai. Hanya satu mayat ditemukan setelah badai berakhir, sementara yang lainnya hilang bersama kapal.

Selama satu dekade, para peneliti melakukan beberapa upaya untuk menemukan Jones, tapi tidak berhasil.

Menurut Detroit News, kapal JH Jones ditemukan pada 1 Juli di Teluk Georgian oleh peneliti Ken Merryman, Jerry Eliason dan Cris Kohl.

"Saya memiliki kepercayaan diri dalam penelitian saya, yang saya mulai beberapa tahun lalu," kata Kohl, yang telah menulis 16 buku tentang kapal karam Great Lake bersama istrinya. 

"Setelah saya mengumpulkan semuanya, saya memberi tahu Ken bulan April lalu bahwa saya bisa membawanya langsung ke kapal karam itu."

Robert Crawford, cicit Kapten James Crawford yang sudah berusia 83 tahun, juga ikut menemani para peneliti.

"Saya tidak pernah mengira kapal itu akan ditemukan dalam hidupku," kata Crawford. "Tapi ketika gambar kecil itu muncul di layar, dan saya kemudian menonton video kapal karam yang sebenarnya yang dikirim ke kapal kami oleh kamera yang dioperasikan jarak jauh, saya sangat gembira. Saya sedikit terkejut bahwa saya merasa jauh lebih bersemangat daripada bersedih."

Menurut Nbc News, Lambung kapal sebagian besar masih utuh, meskipun cerobong asapnya telah patah. Penyelam dilaporkan menemukan adanya tanda-tanda kerangka manusia.