Sabtu, 15 September 2018 21:17 WITA

Wakil Bupati Gowa Sambut Jamselinas di Istana Balla Lompoa

Penulis: Samsul Bahri
Editor: Adil Patawai Anar
Wakil Bupati Gowa Sambut Jamselinas di Istana Balla Lompoa

RAKYATKU.COM, GOWA - Kabupaten Gowa dipilih menjadi lokasi rest area dalam perhelatan Jambore Sepeda Lipat Nasional (Jamselinas) ke-8 yang diadakan di Sulsel. 

Sebanyak ribuan peserta disambut hangat oleh Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni, di Halaman Istana Balla Lompoa, Sabtu (15/9/2018).

Kapolsek Somba Opu, Kompol Soma Miharja bersama pimpinan SKPD lingkup Pemkab Gowa turut meramaikan Jambore Sepeda Lipat Nasional dengan suguhan tarian khas Kabupaten Gowa Yakni, Pepe pepe Bainea Ri Gowa.

Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni yang juga turut hadir merasa bahagia memyambut kedatangan para peserta Jamselinas di Kab Gowa.

Kedatangan para peserta di Butta Gowa bersejarah menurutnya, merupakan anugrah dan berkah buat kami masyarakat Kabupaten Gowa.

"Kunjungan ini merupakan suatu kehormatan besar dalam rangka menjalin persaudaraan dan juga sekaligus membantu kami dalam mempromosikan objek wisata yang ada di Kab Gowa," kata Abd Rauf Malaganni. 

Wakil Bupati Gowa Sambut Jamselinas di Istana Balla Lompoa

Wakil Bupati Gowa juga memperkenalkan geografis dan sejarah meseum Balla Lompoa di Kabupaten Gowa, ia menjelaskan Gowa merupakan salah satu bekas kerajaan maritim yang dalam sejarah merupakan salah satu kerajaan maritim terbesar di kawasan indonesia timur bahkan perdagangan dunia sampai keluar negeri sampai ke Madagaskar.

"Olehnya itu, atas dasar sejarah diatas, Gowa memiliki objek-objek wisata yang berkaitan dengan peninggalan kerajaan Gowa di masa lampaui yakni, Istana Balla lompoa, Makam Sultan Hasanuddin, Makam Syekh Yusuf, Masjid Tua Katangka dan Benteng Somba Opu," jelas Abd Rauf Malaganni. 

Sementara itu, Sekretaris panitia penyelenggara Jambore Sepeda Lipat Nasional, Adi mengatakan, tujuan dari kegiatan tersebut sebagai ajang silaturahmi juga merupakan wadah untuk mengkampanyekan penggunaan sepeda, terutama sepeda lipat- sebagai alat transportasi yang sehat dan ramah lingkungan. 

"Jamselinas yang ke-8 ini kami adakan di Makassar yang pesertanya berasal dari pecinta sepeda lipat di seluruh Indonesia. Rute yang akan mereka lewati mulai dari star di Benteng Roterdam, kemudian menuju Makam Syekh Yusuf,Makam Sultan Hasanuddin dan terakhir tempat rest area yang berada di Istana Balla Lompoa, dilanjut ke Benteng Somba Opu dan akan finish di tempat star awal," ujar Adi.