Sabtu, 15 September 2018 20:58 WITA

Kemenkum HAM Akui Sel Setnov di Lapas Sukamiskin Beda

Editor: Adil Patawai Anar
Kemenkum HAM Akui Sel Setnov di Lapas Sukamiskin Beda

RAKYATKU.COM - Kemenkum HAM membenarkan kondisi kamar sejumlah tahanan di Lapas Sukamiskin tidak merata. Meski begitu, pihaknya mengaku membutuhkan waktu untuk melakukan pembenahan kamar 'mewah' tersebut.


Dirjen AHU Kemenkum HAM, Aidir Amin Daud mengatakan, timnya sudah melakukan inspeksi pada Sabtu (15/9).

"(Laporan sementara) Saya enggak tahu rincinya, tapi yang pasti mereka turun dan memang kamar yang disebut (milik Setya Novanto) lebih besar dari kamar lain memang betul adanya," katanya saat dihubungi dilansir merdeka.

Disinggung mengenai pembenahan Lapas agar merata, Aidir mengaku pihak Kemenkum HAM akan melakukannya secara bertahap.

"Enggak bisa segera, harus pelan-pelan. Tidak semudah yang dibayangkan dari luar," ujarnya.

Seperti diketahui, Lapas Sukamiskin kembali menjadi sorotan usai disidak Ombudsman RI. Sebabnya, kamar beberapa napi korupsi masih tidak banyak berubah pasca OTT KPK yang dilakukan dua bulan lalu.

Anggota Ombudsman RI, Ninik Rahayu mengatakan bahwa masih ada diskriminasi yang antar penghuni napi. Indikatornya adalah kamar yang ditempati para napi tidak merata.

Dari foto sidak yang dilakukan Ombudsman terlihat bahwa fasilitas di kamar Setya Novanto layaknya apartemen. Berbagai fasilitas seperti kasur dan meja terlihat bagus. Di sana ia tampak pula mantan bendahara Demokrat, Nazaruddin bersama Setya Novanto.

Di foto lain, kondisi kamar sangat berbeda. Kamar dengan ukuran lebih kecil itu tampak kumuh dan kotor.