Sabtu, 15 September 2018 14:58 WITA

Sel Setya Novanto Mirip Kamar Hotel, KPK: Bagus untuk Semua Tahanan

Editor: Abu Asyraf
Sel Setya Novanto Mirip Kamar Hotel, KPK: Bagus untuk Semua Tahanan
Setya Novanto tersenyum dalam sel yang berukuran luas.

RAKYATKU.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membuat pernyataan mengejutkan terkait temuan Ombudsman RI. Bukannya menyayangkan adanya fasilitas mewah di Lapas, lembaga antirasuah itu malah memberi apresiasi.

Wakil Ketua KPK Saut Situmorang mengatakan penjara bisa saja memiliki fasilitas yang baik. Namun, warga binaan yang ada di dalamnya mesti tetap dibatasi haknya.

"Konsep penjara sebagai salah satu tempat yang membina (makanya disebut UU warga binaan) bisa saja dibuat di atas standar internasional yang dibuat badan-badan dunia," kata Saut seperti dikutip dari Detikcom, Sabtu (15/9/2018).

Saut memberi contoh bisa saja di dalam lapas narapidana mendapatkan fasilitas olahraga hingga bermain komputer. Begitu juga dengan kesempatan bertemu keluarga. 

"Saya pikir itu baik, bagus buat negara Pancasila. Tapi itu harus berlaku untuk semua tahanan. Siapapun, apapun kasusnya," tutur Saut.

Sebelumnya, Ombudsman melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Lapas Sukamiskin pada Kamis malam (13/9/2018). Sidak dipimpin anggota Ombudsman Ninik Rahayu yang didampingi 12 anggota lainnya menemukan fasilitas mewah untuk mantan Ketua DPR RI, Setya Novanto.

Sel Setya Novanto berukuran lebih besar dari kamar narapidana lainnya. Kamar Novanto tampak luas dengan kasur dan selimut. Ukurannya mirip dengan ukuran kamar hotel mewah. Ada meja dan rak buku di kamar tersebut.

"Ada kamar yang lebih luas. Itu dihuni oleh Pak Setya Novanto, memang lebih luas. Kalau ditanya ukuran bingung, pokoknya dua kali lipat," ucap Ninik.