Sabtu, 15 September 2018 08:52 WITA

Foto Paus Fransiskus dan Kardinal Tertawa Selama Pertemuan Skandal Pelecehan Seks

Editor: Suriawati
Foto Paus Fransiskus dan Kardinal Tertawa Selama Pertemuan Skandal Pelecehan Seks
Vatikan via AFP

RAKYATKU.COM - Sebuah foto 'tidak pantas' diposting oleh Vatikan, menunjukkan Paus Fransiskus tertawa bersama dengan para pemimpin agama Katolik selama pertemuan darurat untuk membahas skandal seks yang 'mengguncang' gereja.

Foto-foto mengejutkan itu menampilkan para pejabat gereja top termasuk kardinal AS Daniel DiNardo, Kardinal Sean O'Malley, Uskup Agus LA Jose Horacio Gomez dan Brian Martson dari Philadelphia.

Vatikan mengatakan bahwa foto itu diambil tepat sebelum pertemuan dimulai pada hari Kamis, untuk membahas tuduhan pelecehan seksual terhadap mantan Kardinal Theodore McCarrick.

Namun, bagaimana pun banyak orang yang tidak senang melihatnya. Beberapa kritikus mengekspresikan kemarahan mereka atas gambar ketawa itu di Twitter. Seseorang bahkan menyerukan agar petugas pers yang memposting foto itu dipecat.

Foto Paus Fransiskus dan Kardinal Tertawa Selama Pertemuan Skandal Pelecehan SeksPaus telah berada di bawah tekanan kuat sejak mantan duta besar Vatikan, Carlo Vigano mengklaim bahwa gereja telah mengetahui tentang tuduhan terhadap McCarrick selama bertahun-tahun.

McCarrick telah diberhentikan sebagai Kardinal pada bulan Juli setelah muncul "tuduhan yang dapat dipercaya" bahwa dia meraba seorang remaja. Namun Nardo ingin agar Paus meluncurkan penyelidikan sepenuhnya terhadap mantan pemimpin agama itu.

Paloma Garcia Ovejero, wakil direktur kantor pers Vatikan, baru-baru ini mengumumkan keputusan untuk mengadakan pertemuan darurat dengan para presiden konferensi uskup Gereja Katolik di seluruh dunia dengan tema "perlindungan anak di bawah umur."

Karena situasi seperti ini belum pernah terjadi sebelumnya, Garcia bahkan tidak tahu berapa banyak konferensi uskup nasional yang akan diadakan di seluruh dunia.

Menurut perkiraan mungkin akan ada 114 konferensi nasional uskup di gereja Latin dan 21 sinode, dewan, dan majelis.