Sabtu, 15 September 2018 08:50 WITA

Dua Kecamatan di Sidrap Jadi Lokasi World Cleanup Day

Penulis: Darwis Pantong
Editor: Abu Asyraf
Dua Kecamatan di Sidrap Jadi Lokasi World Cleanup Day

RAKYATKU.COM,SIDRAP - Dua lokasi menjadi sasaran pelaksanaan aksi gotong royong terbesar di dunia atau 'World Cleanup Day' di Kabupaten Sidrap, Sabtu (15/9/2018).

Pembersihan sampah secara massal ini digelar di jalan poros Soppeng-Pangkajene, Kelurahan Lautang Benteng, Kecamatan Maritengngae dan di area Monumen Bambu Runcing, Kelurahan Rappang, Kecamatan Pancarijang.

"Aksi gotong royong ini dilakukan sebagai bentuk partisipasi dalam World Cleanup Day yang dilaksanakan secara serentak di 150 negara di dunia hari ini," papar 
La Onchas, leader World Cleanup Day Sulawesi Selatan.

Disebutkannya, aksi World Cleanup Day di Sidrap ini melibatkan sejumlah elemen seperti pemerintah daerah, kalangan legislatif, organisasi kemasyarakatan pemuda (OKP), mahasiswa, komunitas motor, dan warga masyarakat lainnya. 

"Harapan kami, kegiatan ini bisa menjadi awal kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan sekitar. Ratusan relawan akan ikut terlibat dalam aksi kebersihan berskala internasional ini," papar La Onchas.

Untuk itu, dia menghimbau semua pihak ikut berpartisipasi dalam membudayakan kegiatan clean up ini. "Seperti di sekolah-sekolah, desa dan kelurahan hingga kecamatan," pinta pemgurus DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sidrap ini.

Disebutkannya, secara nasional kegiatan World Cleanup Day ini akan digelar secara serentak di 34 provinsi di Indonesia, dengan estimasi partisipan 13 juta penduduk. 
"Semoga kegiatan ini dapat berkesinsmbungan dan menjadi budaya, khususnya di Sidrap," harap La Onchas.