Jumat, 14 September 2018 21:45 WITA

DPT Sulsel Bertambah 12.691, 19 Daerah Justru Turun

Penulis: Rizal
Editor: Nur Hidayat Said
DPT Sulsel Bertambah 12.691, 19 Daerah Justru Turun

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan menetapkan jumlah Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) tingkat provinsi Sulsel untuk Pemilu 2019 sebanyak 5.984.852 pemilih, Jumat (14/9/2018).

Jumlah ini bertambah sebanyak 12.691 pemilih dibandingkan jumlah DPT Sulsel yang ditetapkan beberapa waktu lalu 5.972.161 pemilih.

Menariknya, berdasarkan pengamatan Rakyatku.com, meski jumlah DPT bertambah, 19 daerah di Sulsel justru mengalami penurunan jumlah pemilih.

Daerah yang mengalami penurunan tersebut yakni Bulukumba, Bantaeng, Jeneponto, Takalar, Gowa, Sinjai, Bone, Maros, Pangkep, Soppeng, Wajo, Pinrang, Enrekang, Luwu, Tana Toraja, Toraja Utara, Makassar, Parepare, dan Palopo.

Tercatat hanya lima daerah yang mengalami kenaikan jumlah pemilih, yaitu Selayar, Barru, Sidrap, Luwu Utara, dan Luwu Timur.

"Meski ada daerah yang berkurang, namun jumlah pemilih tetap meningkat. Hal ini karena kita sudah melakukan perbaikan-perbaikan. Misalnya, kemarin dikeluarkan karena tidak memenuhi syarat namun belakangan sudah dimasukkan kembali karena sudah melakukan perekaman KTP elektronik," tutur Ketua KPU Sulsel, Misna M Attas saat ditemui usai rapat pleno penetapan DPTHP tersebut.

Hal itu dibenarkan oleh Komisioner Divisi Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi serta Hubungan Antar Lembaga KPU Sulsel, Uslimin. Menurutnya, dalam DPT hasil perbaikan ini, juga di dalamnya sudah termasuk sebagian dari 64.027 pemilih yang dikeluarkan pada saat rapat pleno penetapan DPT Provinsi beberapa waktu lalu dengan alasan belum mengantongi KTP elektronik. Saat ini, sebagian dari mereka sudah melakukan perekaman KTP elektronik di Disdukcapil daerah masing-masing.

"Termasuk itu yang dimasukkan di sini, yang sudah melakukan perekaman. Kan kita cek, yang ganda keluar, yang meninggal dunia keluar, yang pindah domisili keluar, kemudian masuk yang telah perekaman. Jadi, clear sudah selesai," katanya.