Jumat, 14 September 2018 20:20 WITA

#MahasiswaBergerak Masuk Trending Topik di Twitter

Editor: Mulyadi Abdillah
#MahasiswaBergerak Masuk Trending Topik di Twitter
Sumber Foto: Twitter Elshinta

RAKYATKU.COM - Tanda pagar (tagar) Mahasiswa Bergerak kini masuk trending topik di jejaring sosial, Twitter, Jumat (14/9/2018) malam. 

Tagar ini ramai di lini masa atas sejumlah aksi demonstrasi yang berlangsung pada siang tadi di Jakarta usai salat Jumat. Yakni aksi di depan Gedung DPR dan di Kemenkeu. Tuntutan mereka agar Presiden Jokowi turun dari jabatannya.

Aksi serupa juga berlangsung di Semarang, Provinsi Jawa Tengah

Hingga Jumat malam pukul 19:00 WIB, #MahasiswaBergerak sudah berada di posisi 3. 

Dilansir dari Kumparan, aksi di DPR digerakkan kelompok aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa dan Dewan Eksekutif Mahasiswa di perguruan tinggi Islam yang ada di DKI Jakarta. Tuntutan mereka agar Presiden Jokowi turun dari jabatannya.

Selain itu juga, mereka meminta agar ekonomi dibenahi, harga BBM diturunkan, dan TNI serta Polri netral di Pilpres 2019.

Sementara aksi di Kemenkeu dilakukan oleh BEM Seluruh Indonesia. Tuntutan mereka meminta perbaikan ekonomi, salah satunya soal nilai tukar dolar.

Aksi ini akan berlanjut pada Sabtu besok. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan, pihaknya akan menyesuaikan dengan jumlah massa yang akan hadir dalam pengamanan besok. Sebab belum diketahui secara pasti berapa massa yang hadir dalam aksi tersebut. 

"Kita menyesuaikan dengan situasi di lapangan, kita tunggu saja besok. Terpenting adalah kalau sekiranya nanti mereka akan longmarch kita akan kawal agar tidak mengganggu jalan," beber dia.

Lebih lanjut, Argo meminta kepada mahasiswa yang akan berunjuk rasa untuk tetap tertib dan santun. Ia meminta kepada seluruh massa yang akan hadir mengikuti aturan yang berlaku. 

"Sesuai dengan Undang-undang ya, di sana jelas kita beri waktu sampai pukul 18.00 WIB. Jika melanggar, kita akan bubarkan secara paksa," tutup Argo.