Jumat, 14 September 2018 19:20 WITA

"Brakk!", Perawat Cantik Ini Tinggalkan Suami, Lari ke Mobil Terbakar

Editor: Aswad Syam
Zhou Wei (kiri), saat sedang menyelamatkan korban. Mobil korban terbakar (kanan).

RAKYATKU.COM, TIONGKOK - Seorang perawat telah dipuji sebagai pahlawan. Itu setelah dia berlari ke mobil terbakar, untuk menyelamatkan nyawa dari kecelakaan mengerikan, selama tur bulan madunya. 

Pada 30 Agustus 2018, Zhou Wei (26), sedang menikmati perjalanan bulan madu dengan suaminya dengan sebuah bus di sebuah jalan tol di Tiongkok barat. 

Saat asyik menikmati angin sepoi-sepoi dari jendela, tiba-tiba "brakkk!!!". Benturan keras terdengar. Tampak dua mobil rusak parah dan mengeluarkan bunga api.

Bunga api terus membesar, membakar seluruh mobil. Melihat itu, Zhou segera meminta sopir bus menepi. Dia bersama penumpang bus lainnya, bergegas berlari ke dalam mobil yang terbakar, untuk menyelamatkan empat penumpang yang terperangkap.

Zhou yang merupakan satu-satunya pekerja medis di tempat kejadian, melakukan perawatan darurat pada mereka.

Kepada media lokal Xiaoxiang Morning Post, Zhou mengatakan, dia memutuskan untuk melakukannya karena menyelamatkan orang-orang adalah tanggung jawab sebagai perawat.

Zhou adalah seorang perawat dari Rumah Sakit Palang Merah Kabupaten Shimen di Changde di Provinsi Hunan, Tiongkok selatan.

Sebanyak delapan penumpang terjebak di dalam mobil yang terbakar. Zhou dan penumpang bus lainnya, hanya bisa menyelamatkan empat dari mereka.

Mereka membawa empat orang ke sisi jalan sekitar 20 meter (65 kaki) dari lokasi kecelakaan. Kemudian Zhou kemudian memberi mereka perawatan darurat satu per satu. Dua di antaranya mengalami patah tulang, salah satunya diduga mengalami pendarahan otak dan yang lainnya luka ringan.

Ketika Zhou mengobati korban, ledakan terjadi pada dua mobil yang hancur dan terbakar.

Semua orang yang terluka, dijemput oleh ambulans yang lewat sekitar 20 menit setelah kecelakaan. 

Xiaoxiang Morning Post mengatakan, satu korban meninggal di tempat kejadian. 

Suami Zhou mencatat, kecelakaan lalu lintas sebelum mengunggah rekaman ke situs media sosial dengan kata-kata untuk memuji istrinya yang berani dan cantik.

Pos tersebut dengan cepat menjadi viral, dan publik menyebut Zhou seorang pahlawan.  

Banyak orang terkesan oleh keberanian dan kebaikan Zhou. Salah satu warganet berkomentar, "dia memiliki wajah yang cantik dan hati yang lebih cantik". 

Sementara yang lain mengirim doa kepada Zhou dan suaminya, seperti satu pengguna yang menulis, "Saya berharap mereka memiliki kehidupan pernikahan yang bahagia dan sejahtera".