Jumat, 14 September 2018 09:22 WITA

Saksi Parpol Dilatih Bawaslu, Ini Pesan Penting Andi Mariattang

Editor: Abu Asyraf
Saksi Parpol Dilatih Bawaslu, Ini Pesan Penting Andi Mariattang
Anggota Komisi II DPR RI Andi Mariattang (kanan).

RAKYATKU.COM - Komisi II DPR RI memberi perhatian khusus terhadap pelatihan saksi partai politik (Parpol) untuk Pemilu Legislatif 2019. Kegiatan ini dibiayai negara dan dilakukan oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI.

Anggota Komisi II DPR RI asal Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Andi Mariattang mengatakan, pelatihan ini mendapat perhatian serius karena bakal menggunakan anggaran ratusan miliar. 

Berdasarkan data dari KPU RI, terdapat 801.291 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Jika setiap parpol mengutus seorang saksi di setiap TPS, maka total saksi yang akan bertugas 12.820.656 orang.

Saksi Parpol Dilatih Bawaslu, Ini Pesan Penting Andi Mariattang

"Saya memberikan catatan agar saksi parpol yang dimandat partai politik, benar-benar dilatih untuk menjalankan fungsinya secara benar, mengamankan suara seluruh caleg partainya di semua tingkatan," ujar Andi Mariattang dalam rapat kerja bersama Sekjen KPU dan Bawaslu, Rabu (12/9/2018).

Mantan anggota DPRD Sulsel dua periode ini juga mengingatkan kepada Sekjen KPU agar formulir C1 yang akan didistribusikan ke daerah sudah menyatu dengan hologram. Tidak seperti pada Pemilu Legislatif 2014. 

"Hal ini untuk mencegah peluang penyalahgunaan formulir C1 nantinya," tambah 8.    ketua Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) Sulsel ini.