Kamis, 13 September 2018 15:13 WITA

3 Ikan Spesies Baru Ditemukan di Laut Dalam, Meleleh Jika Dibawa ke Permukaan

Editor: Suriawati
3 Ikan Spesies Baru Ditemukan di Laut Dalam, Meleleh Jika Dibawa ke Permukaan
YouTube

RAKYATKU.COM - Ilmuwan di Newcastle University baru-baru ini menemukan tiga spesies baru ikan siput atau snailfish, yang akan 'meleleh dengan cepat' jika dibawa ke permukaan.

Ikan licin itu ditemukan selama ekspedisi internasional untuk menjelajahi kedalaman Palung Atacama, salah satu bagian terdalam dari Samudera Pasifik, yang terletak di dekat pantai Peru.

Selama ekspedisi, peneliti menurunkan kamera khusus hingga kedalaman sekitar 7.500 meter, yang memiliki suhu ekstrim.

Di sana lah tiga spesies ikan baru itu ditemukan. Itu dikenal sebagai snailfish Atacama merah muda, ungu dan biru.

“Ada sesuatu tentang snailfish yang memungkinkan mereka beradaptasi dengan hidup yang sangat dalam. Di luar jangkauan ikan lain, mereka bebas dari pesaing dan pemangsa,” kata Thomas Linley, seorang peneliti di Universitas Newcastle.

Yang benar-benar membuat spesies ikan baru ini istimewa adalah kemampuan mereka untuk berkembang dalam kondisi yang keras.

Loading...

Bagian terkeras dari tubuh mereka adalah gigi dan tulang-tulang kecil di telinga bagian dalam, dengan sisanya berupa gelatin yang lunak yang dapat menahan tekanan besar dari laut dalam.

Tapi, karena kondisi tubuh seperti itu, mereka tidak akan hidup jika dibawa ke permukaan.

"Tanpa tekanan ekstrim dan dingin untuk mendukung tubuh mereka, mereka sangat rapuh dan meleleh dengan cepat ketika dibawa ke permukaan," kata Linley.

Para ilmuwan bahkan berhasil menangkap spesimen spesies baru ini dengan menggunakan perangkap khusus, tapi sayangnya, itu tidak bertahan selama perjalanan ke permukaan. 
Meski begitu, tubuhnya diawetkan dalam kondisi cukup baik dan saat ini sedang dipelajari.

Tags
Loading...
Loading...