Rabu, 12 September 2018 09:18 WITA

Proyek Membersihkan 88.000 Sampah Plastik di Pasifik Telah Dimulai

Editor: Suriawati
Proyek Membersihkan 88.000 Sampah Plastik di Pasifik Telah Dimulai
Ocean Cleanup System 001 berlayar dari San Fransisco

RAKYATKU.COM - Sebuah proyek ambisius untuk membersihkan sampah plastik yang mengambang di lautan telah dimulai.

Selama akhir pekan, anggota proyek The Ocean Cleanup mulai menarik sistem mereka ke laut, untuk mencoba membersihkan Great Pacific Garbage Patch. Wilayah ini menampung sekitar 88.000 ton sampah plastik, dan ukurannya tiga kali lebih besar dari Prancis.

Sistem itu dinamai Ocean Cleanup System 001. Itu mulai berlayar dari San Francisco, California pada hari Sabtu, menuju ke lokasi percobaan yang berjarak sekitar 260 mil (418 km) dari pantai.

Ocean Cleanup System 001 memiliki panjang 600 meter, dan mengambang dengan rok sepanjang 3 meter yang menjuntai di bawahnya. Itu terlihat seperti bagian pipa, atau stick renang raksasa.

Proyek Membersihkan 88.000 Sampah Plastik di Pasifik Telah DimulaiSistem itu akan menjalani tes dua minggu untuk memastikan bahwa ia berperilaku seperti yang diharapkan di lautan terbuka. 

Setelah System 001 tiba di situs, itu akan didorong ke bentuk-U oleh angin dan gelombang. Roknya akan mengambil potongan-potongan plastik sekecil milimeter.

Loading...

Selanjutnya, perahu yang lebih kecil akan datang untuk mengambil sampah dan membawanya ke pantai untuk didaur ulang.

Sistem ini akan dimonitor secara ekstensif selama masa uji coba untuk memastikan bahwa itu melakukan apa yang seharusnya dilakukan tanpa merugikan plakton dan kehidupan laut lainnya.

"Kami mencoba memecahkan masalah lingkungan sehingga kami perlu memastikan bahwa kami tidak menciptakan masalah yang lebih besar di tempatnya," kata Joost Dubois dari Ocean Cleanup. Dia menambahkan bahwa "Kami ingin menangkap plastik, bukan ikan."

Setelah uji coba selesai, System 001 kemudian akan diangkut ke laut lain untuk menjalankan misi utamanya untuk membersihkan Great Pacific Garbage Patch. Itu kemudian akan dipantau oleh awak yang akan berada di situs selama enam bulan.

Sumber: Theoceancleanup / CNN

Loading...
Loading...