Senin, 10 September 2018 14:34 WITA

Dies Natalies Ke-62 Unhas, Nurdin Abdullah: Jangan Hanya Banyak Riset

Penulis: Azwar Basir
Editor: Nur Hidayat Said
Dies Natalies Ke-62 Unhas, Nurdin Abdullah: Jangan Hanya Banyak Riset
Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, pada upacara dies natalies ke-62 Universitas Hasanuddin (Unhas) di Baruga Andi Pangerang Pettarani, Makassar, Senin (10/9/2018).

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Gubernur Sulawesi Selatan dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman, hadir pada upacara dies natalies ke-62 Universitas Hasanuddin (Unhas) di Baruga Andi Pangerang Pettarani, Makassar, Senin (10/9/2018).

Nurdin Abdullah menyampaikan, saat ini Unhas telah menghasilkan banyak riset, namun belum dikembangkan dengan skala besar. Untuk itu, ia berharap ada sinergi antara kampus dengan pemerintah daerah.

"Supaya langkah kita ini seiring sejalan. Jadi tidak hanya setiap tahun kita hanya mengeluarkan biaya penelitian, tetapi hasilnya disimpan saja. Kita ingin betul-betul penelitian Unhas itu sejalan dengan kebutuhan pemprov," tutur Nurdin Abdullah.

Ia menyebutkan, fokus bisa dilakukan pada potensi lokal yang ada di Sulsel. Ia mengambil contoh jeruk di Kabupaten Kepulauan Selayar. 

Sinergi antara kampus dengan dunia usaha juga perlu dilakukan, mereka dapat magang atau kuliah kerja nyata (KKN) sehingga keluaran memiliki kemampuan. 

Loading...

"Nah jadi saya kira sinergi antar perguruan tinggi, pemerintah, dunia usaha itu penting, ya itu penting jangan kita hanya bergerak begitu saja sama dengan potensi KKN," ujarnya. 

Biaya penelitian harus bisa dimanfaatkan dengan baik. Kabupaten, kota, provinsi, dan perguruan tinggi harus bersinergi.

"Misalnya Unhas tadi disebutkan, kita berhasil menghasilkan ini, tetapi sekarang siapa yang mengaplikasikan," pungkasnya.

Pada kegiatan ini juga dilaksanakan penandatanganan nota kesepahaman antara Unhas dan Pemprov Sulsel terkait pendidikan.

Loading...
Loading...